Home News Dirombak: Cortana Bakal Dipindah ke Action Center Windows 10

Dirombak: Cortana Bakal Dipindah ke Action Center Windows 10

Sejak pertama kali ditanamkan di Windows 10 PC, rumah Cortana adalah di Windows Search — alias kolom pencarian Windows. Tetapi Microsoft bakal melakukan perombakan besar-besaran terhadap Cortana dan Windows 10. Lokasi Cortana kabarnya bakal dipindah Microsoft dari Windows Search ke Action Center.

Melihat bagaimana Cortana sudah mengurusi berbagai urusan notifikasi sejak awal, memindahkannya ke Action Center juga merupakan langkah yang masuk akal.

Cortana kemungkinan bakal ditempatkan di Action Center dalam format tampilan chat, menggantikan lokasi tombol Quick Action yang nampaknya akan dipindahkan ke tempat tersendiri. Microsoft juga dikabarkan akan merombak tampilan Action Center sehingga lebih menyatu dengan tampilan chat Cortana ini.

Jangan salah, pencarian di Windows Search tetap ditenagai oleh Cortana, dan kamu masih bisa melakukan voice command, dengan fitur Hey Cortana yang tetap ada. Tetapi Cortana dengan tampilan chat ini nampaknya merupakan respon Microsoft akan kebiasaan pengguna PC yang cenderung malas ngobrol dengan smart assistant dan lebih memilih ngetik ala chat.

Kabarnya perombakan besar ini bakal ditanamkan di update mayor Windows 10 Redstone 5, dengan tujuan agar pengguna Windows 10 lebih menyadari adanya Cortana. Karena untuk saat ini pengguna awam tidak menyadari bahwa Cortana ada di dalam Windows Search. Mereka hanya tahu itu adalah kolom pencarian, dan menggunakannya layaknya hanya sebagai kolom pencarian biasa.

Dengan dipisahkan, maka pengguna akan menyadari — bahwa ada Cortana, sang smart assistant, di Windows 10 PC milik mereka. Perubahan besar ini mungkin juga akan melengkapi perombakan besar lain di Windows Search, yang jika benar diimplementasikan, bakal jadi mirip seperti kolom pencarian di Mac yaitu Spotlight. (Baca: Mirip macOS, Ngintip Fitur Search Baru di Windows 10)

via windowscentral

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.