Jika kamu mendapati CPU Usage Windows 10 kamu tiba tiba naik tanpa ada proses yang sedang berjalan, hal pertama yang harus kamu cek adalah proses dari nvdisplay.container.exe.

Karena ternyata, driver GPU NVIDIA terbaru dapat membuat lonjakan penggunaan CPU pada beberapa perangkat Windows 10, dengan proses tersebut cenderung mencatat tonjolan kenaikan sekitar 30 persen di Task Manager.

Menurut laporan yang dipublikasikan di thread forum resmi NVIDIA, masalah ini belum tentu hal baru, tetapi sekarang ditemui pada semakin banyak perangkat setelah menginstal driver NVIDIA GeForce versi 430.39. Postingan didalam diskusi yang sama menunjukkan bahwa cara termudah untuk menangani beban CPU yang tinggi pada Windows 10 adalah menghapus folder berikut ini dan kemudian  melakukan restart  pada komputer yang digunakan:

  • C: \ Program Files \ NVIDIA Corporation \ Display.NvContainer \ plugins \ LocalSystem \ DisplayDriverRAS
  • C: \ Program Files \ NVIDIA Corporation \ DisplayDriverRAS

Sementara itu, NVIDIA juga telah merilis pembaruannya sendiri untuk menyelesaikan masalah inii. Diterbitkan pada tanggal 29 April, GeForce Hotfix Driver Version 430.53 mencakup beberapa penyempurnaan, termasuk tambalan yang disebutkan sebelumnya yang secara khusus ditujukan untuk beban CPU yang tinggi yang disebutkan di atas:

“Memperbaiki penggunaan CPU yang lebih tinggi oleh NVDisplay.Container.exe yang diperkenalkan pada driver 430.39.”

Dengan kata lain, kamu tidak perlu menghapus dua folder yang disebutkan di atas jika kamu menginstal versi terbaru driver grafis NVIDIA.

Dari hal-hal yang terlihat, masalahnya hanya terjadi pada Windows 10, versi yang lebih lama dari sistem operasi Windows, seperti Windows 7 dan 8.1, dikabarkan tidak mengalami  lonjakan dalam penggunaan CPU yang diakibatkan driver Nvidia.

Selain hal diatas, perbaikan terbaru 29 April juga menyelesaikan bug yang berkedip-kedip yang terlihat saat meluncurkan benchmark 3DMark Time Spy, serta kelap-kelip desktop yang dialami saat video diputar pada monitor sekunder. Ada juga peningkatan untuk game seperti Shadow of the Tomb Raider.

Sumber : News Softpedia

  Aksesoris Gadget Murah Tapi Bagus..!!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.