Baru-baru ini, banyak pengguna melaporkan mengalami Error 80070020 saat berupaya menginstal aplikasi dari Store. Error ini menyebabkan aplikasi gagal diinstal dan akhirnya tidak dapat digunakan. Banyak pengguna membanjiri Reddit dan support forum milik Microsoft untuk meminta kejelasan, bahkan ada yang curiga bahwa Windows Store 8.1 telah dihentikan!

Meskipun Windows Phone 8.1 telah mencapai masa akhir mainstream support, pengguna masih terus menggunakan operating system tersebut. Sebelumnya Microsoft menjamin bahwa layanan pada Windows Phone 8.1 masih akan tetap berfungsi normal selama paling sedikit 12 bulan setelah dukungan berakhir, yang mana berarti kemungkinan kita hanya memiliki 6 bulan tersisa.

Kembali ke error 80070020, menurut katalog Microsoft, ini adalah masalah yang diakibatkan kesalahan pada tanggal/waktu. Bagaimana cara mengatasi error ini?

1| Buka Settings > date+time lalu matikan set date and time automatically.

2| Kembalikan perangkat kamu ke tanggal 3 Desember 2017.

3| Instal aplikasi yang diinginkan dari Store (kemungkinan prosedurnya juga akan sedikit lama)

4| Kembalikan ke tanggal sekarang dengan membuka Settings > date+time (karena tentu saja kamu tidak ingin perangkat menunjukkan tanggal yang salah selamanya, bukan?)

Untuk kamu yang menggunakan OS Windows 10 Mobile, kamu beruntung karena OS ini tidak terpengaruh oleh bug ini.

Masih belum ada tanggapan dari tim Microsoft tentang bug ini serta konfirmasi tuduhan pengguna di internet bahwa Microsoft mulai ‘menghentikan layanan dasar’ Windows Phone 8.1. Saya akan segera mengabarkan kelanjutan hal tersebut jika Microsoft telah memberikan kabar resmi terkait hal ini.

 

Sumber: onMSFT

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.