Home Phone Facebook untuk Windows 10 Mobile: Buatan Microsoft vs Buatan Facebook

Facebook untuk Windows 10 Mobile: Buatan Microsoft vs Buatan Facebook

Facebook untuk Windows 10 Mobile: Buatan Microsoft vs Buatan Facebook

Hari ini aplikasi Facebook besutan Facebook sendiri telah hadir di Windows Store. Aplikasi ini merupakan hasil porting dari Facebook untuk iOS. (Baca: Facebook untuk Windows 10 Mobile Akhirnya Dirilis Global, Ayo Download!)

Lalu bagus mana antara aplikasi Facebook buatan Microsoft vs buatan Facebook?

Berikut ini adalah review dan perbandingan keduanya.

 

File Size

Facebook untuk Windows 10 Mobile: Buatan Microsoft vs Buatan Facebook

Pertama yang penting untuk dibandingkan adalah besarnya ukuran aplikasi ini.

  • Facebook buatan Microsoft: 18 MB
  • Facebook buatan Facebook: 101.8 MB

Jelas sudah ukuran aplikasi Facebook hasil porting dari iOS ini benar-benar besar! Bahkan jika dibandingkan dengan buatan Microsoft besarnya mencapai lebih dari 5x nya!

Untuk itu bagi kamu yang memiliki kapasitas storage terbatas, Facebook buatan Microsoft adalah pilihan yang paling tepat.

 

Performa

Dari sisi performa, pada pengujian dengan Lumia 730 di Windows 10 Anniversary Update, performa aplikasi Facebook buatan Microsoft jauh lebih baik dibandingkan Facebook hasil porting iOS.

Facebook buatan Microsoft:

  • Lebih smooth saat scrolling
  • Lebih cepat dan responsif saat dibuka
  • Lebih kencang saat dinavigasi

Hal ini cukup berbeda dengan Facebook buatan Facebook yang merupakan hasil porting iOS:

  • Agak tersendat saat di-scroll dengan cepat.
  • Respon kurang begitu responsif saat dinavigasi

Jadi untuk kamu yang memiliki Windows 10 Mobile dengan spesifikasi dan performa pas-pasan, lagi-lagi Facebook buatan Microsoft adalah pilihan yang tepat.

 

Desain Interface

Facebook untuk Windows 10 Mobile: Buatan Microsoft vs Buatan Facebook

Sebenarnya ngomongin masalah desain seperti ngomongin masalah selera: pandangan setiap orang berbeda-beda. Tetapi menurut penilaian saja, desain Facebook buatan Microsoft lebih selaras dengan desain Windows 10 Mobile.

Tampilannya flat dengan sentuhan garis tegas khas Modern UI, sangat selaras dengan desain Windows 10 Mobile.

Tetapi untuk Facebook hasil porting iOS, desainnya masih menggunakan desain khas aplikasi Facebook di iOS. Jadi meskipun bagus, namun kurang selaras dengan konsep desain dari Windows 10 Mobile.

Oh ya, desain icon juga sangat berbeda. Facebook buatan Microsoft memiliki tampilan icon di App List yang lebih tajam dan tegas dibandingkan icon aplikasi Facebook buatan Facebook yang lebih blurry dan rounded.

Jadi untuk urusan desain saya kira Facebook buatan Microsoft masih lebih pas saat digunakan di Windows 10 Mobile.

 

Desain Experience

Facebook untuk Windows 10 Mobile: Buatan Microsoft vs Buatan Facebook

Untuk desain experience aplikasi Facebook buatan Facebook terlihat lebih unggul. Posisi tombol Status, Foto, dan Check in terpampang jelas di bagian atas, dan ini sangat memudahkan karena memang ketiga tombol inilah yang paling sering diakses pengguna Facebook.

Tombol-tombol lainnya yang penting juga dibuat besar, jelas, dan mudah diakses.

Hal ini berbeda dengan Facebook buatan Microsoft yang meletakkan tombol penting tersebut di bagian bawah dan hanya berupa icon. Untuk memunculkan teks nya saja kamu harus menekan menu more (…)

Search bar juga jelas terpampang di sebelah atas, tidak hanya berupa icon saja.

Saat di scroll kebawah aplikasi buatan Facebook ini juga otomatis menyembunyikan menu dan search bar di bagian atas, membuat tampilan news feed lebih lapang di layar berukuran sempit.

Facebook untuk Windows 10 Mobile: Buatan Microsoft vs Buatan Facebook

Jadi untuk desain experience aplikasi Facebook hasil porting iOS ini masih lebih unggul.

 

Fitur

Untuk fitur utama sebenarnya keduanya sudah sama-sama lengkap, hanya saja karena aplikasi Facebook hasil porting iOS ini dikembangkan oleh Facebook sendiri (first party), maka seluruh fitur ada disana. Jadi secara kelengkapan fitur, Facebook Official ini lebih unggul.

 

Pilih Mana..??

Menarik..sungguh sangat menarik. Belum selesai WinPoin memposting artikel review dan perbandingan ini, tiba-tiba kita sudah tidak diberikan kesempatan untuk memilih lagi.

Yup, saat ini terlepas dari aplikasi Facebook mana yang unggul, mau tidak mau kamu harus memilih Facebook Official hasil porting iOS buatan Facebook sendiri.

Hal ini karena sesaat setelah aplikasi Facebook Official dirilis, aplikasi Facebook buatan Microsoft sudah tidak bisa digunakan lagi.

Facebook untuk Windows 10 Mobile: Buatan Microsoft vs Buatan Facebook

Jadi sebenarnya sia-sia juga WinPoin melakukan review perbandingan ini. Padahal secara keseluruhan, WinPoin mau bilang bahwa aplikasi Facebook buatan Microsoft masih lebih unggul secara desain, performa, dan minimnya ukuran. Oh my.. =))

Kini kita tinggal berharap Facebook bakal meningkatkan performa dan mengurangi bengkaknya file size di aplikasi officialnya ini.

Bagaimana dengan kamu? Bagikan experience kamu menggunakan aplikasi Facebook untuk Windows 10 Mobile tersebut disini.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.