Sebelumnya Winpoin pernah membahas dan mereview Aplikasi File Explorer Modern pada Windows 10 di artikel Review Universal File Explorer di Windows 10 Build 14936, namun nyatanya ternyata Microsoft sampai saat ini belum merilis Aplikasi File Explorer tersebut, dan masih tetap menanamkan File Explorer konvensional di Windows 10 ini.

review-universal-file-explorer-di-windows-10-build-14936-1

Seperti yang kita ketahui Meskipun menambahkan Mode Gelap, Windows 10 File Explorer dengan keras kepala tetap menjadi aplikasi Win32 yang gitu gitu aja sejak dahulu kala dan Microsoft yang sempat akan merilis Universal File Explorer malah tidak jadi merilisnya. Namun tenang saja, bagi kamu yang ingin mencoba Aplikasi File Explorer UWP atau Universal Windows Apps, ada pengembang pihak ketiga yang membuat aplikasi ini.

Siswa Luke Blevins memutuskan untuk melakukan sesuatu terkait masalah ini dan menciptakan solusi UWP File Explorer yang jelas terlihat jauh lebih baik.

File Explorer UWP Pihak Ketiga Untuk Windows 10 Tersedia Untuk Didownload

Dalam Postingannya di Reddit Luke menjelaskan:

“Aplikasi ini tidak dimaksudkan untuk menjadi klon UWP sederhana dari desain Windows File Explorer yang padat, tetapi pada akhirnya akan menjadi penulisan ulang modern berkualitas tinggi yang menggabungkan tren UX baru seperti elemen Desain Lancar dan minimalis. Berada di sekolah menengah, masalahnya adalah saya tidak punya waktu untuk mengerjakan proyek ini seperti yang saya lakukan satu tahun yang lalu. ”

Untuk sekarang aplikasi pihak ketiga ini belum tersedia di Microsoft Store, namun bagi kamu yang ingin mencobanya bisa langsung mendownload Package yang tersedia di GitHub.

Cara Instal

  • Unduh paket instalasi dari Github, ukurannya sekitar 154MB.

File Explorer UWP Pihak Ketiga Untuk Windows 10 Tersedia Untuk Didownload

  • Selanjutnya ekstrak folder yang sesuai dengan versi arsitektur Windows 10 kamu, disini saya pake 64 Bit jadi buka x64 dan instal Dua file yang ada didalam folder dependensi.File Explorer UWP Pihak Ketiga Untuk Windows 10 Tersedia Untuk Didownload
  • Selanjutnya Klik kanan pada file ‘Add-AppDevPackage’’ dan jalankan di PowerShell dengan hak administrator.
  • Ikuti instruksi pada layar di PowerShell.
  • Setelah selesai kamu bisa menemukan aplikasi UWP File Explorer di Start Menu.

File Explorer UWP Pihak Ketiga Untuk Windows 10 Tersedia Untuk Didownload

Perlu diperhatikan, menggunakan File Explorer ini mungkin akan sedikit sulit dan tidak terbiasa diawalnya, karena ada beberapa menu shortcut yang hilang, namun lumayan lah untuk nyoba gimana sih rasanya pake File Explorer rasa UWP.

Kamu udah coba juga? share dibawah ya.

Via : WindowsLatest

  Asli, Galaxy Fold Ini Keren Banget!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.