Seperti biasa di segmen ini kita bakal nyobain bareng2 berbagai fitur baru dari aplikasi yang biasa kita pake sehari-hari. Dan hari ini saya mau tunjukin fitur baru dari WhatsApp, Twitter, dan Facebook Messenger.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari.

Batasan Baru WhatsApp

Sebenarnya ini bukan fitur baru tapi lebih tepatnya sebuah batasan baru. Sekarang forward message di WhatsApp dibatasi, dari yang sebelumnya bisa forward ke 20 kontak sekaligus, sekarang jadi cuman ke 5 kontak sekaligus. Batasan baru ini dirilis sebagai upaya WhatsApp untuk mengurangi penyebaran hoax dan fake news. Jadi kalo kamu forward message, lalu pilih kontak, setelah 5 kontak sekarang udah gak bisa lagi. Bakal muncul warning batasan forward maksimal hanya 5 kontak.

Untuk saat ini batasan forward sudah bisa dirasakan di WhatsApp untuk Android, tetapi di iOS masih belum, mungkin bakal menyusul. Kita liat aja efektivitasnya apakah nantinya ampuh dalam mengurangi penyebaran hoax lewat WhatsApp ataukah tidak.

Twitter Web Baru

Sekarang kamu bisa coba Twitter web yang baru melalui tombol Take a look di sidebar ataupun melalui menu lalu pilih Try the new Twitter. Kamu akan mendapati tampilan baru Twitter, dari yang sebelumnya 3 kolom jadi 2 kolom. Tampilan baru ini lebih bersih, besar, dan enak di mata. Nuansa warna nya juga empuk di mata. Tetapi yang paling penting, ada fitur baru juga disini.

Pertama kamu bisa mendapati adanya fitur bookmark Tweet. Jadi kalo nemu tweet bagus, klik aja tombol Share > lalu add tweet to bookmarks. Dan kumpulan bookmarks bisa kamu lihat melalui menu > bookmarks.

Fitur baru lainnya ada data saver. Jadi kalo ini kamu aktifkan, maka foto dan media g otomatis di load. Jadi cuman ditampilin blur aja, dan baru di load kalo kamu tekan load. Fitur ini bikin browsing twitter lebih hemat kuota.

Tentu aja gak ketinggalan ada Night Mode juga seperti di tampilan sebelumnya.

Messenger

Sudah semingguan ini tampilan Facebook Messenger berubah jadi lebih bersih, lebih simple,dan menu nya lebih praktis untuk keperluan chat. Hanya ada 3 menu dibawah yaitu chat, people, dan discover. Sedangkan menu camera dan new messages ada di atas.

Kamu juga bisa dengan mudah akses stories sekarang. Jadi silakan dicoba-coba aja desain baru ini.

Itu dua 3 fitur baru yang sudah kita cobain bareng ya. Sampaikan di kolom komentar kalo menemukan fitur baru lain yang menarik untuk dibahas. Sampai bertemu lagi di ulasan tekno menarik lainnya.