Home Basic Hands-Free : Cara Membuat Timer Melalui Cortana di Windows 10

Hands-Free : Cara Membuat Timer Melalui Cortana di Windows 10

membuat timer countdown melalui cortana (1)

Semenjak dirilisnya Build 14352, Microsoft menambahkan lagi salah satu fitur Cortana. Yakni sekarang kamu dapat melakukan voice command (secara hands-free) pada Cortana untuk membuat sebuah timer countdown. Dengan mengaplikasi perintah suara seperti contoh dibawah ini.

  • Hey Cortana!, set a timer for 5 minutes.
  • Hey Cortana!, how much time is left?.
  • Hey Cortana!, cancel my timer.

Membuat Timer melalui Cortana

Navigasilah ke Cortana lalu klik icon Microphone atau dengan menggunakan voice command “Hey Cortana!“. Ketika Cortana sedang mencoba untuk mendengarkan perintah. Katakan “Set a timer for 10 minutes“, yang artinya Cortana akan membuat timer dengan waktu 10 menit. Kamu dapat mengganti waktu kurang atau lebih dari 10 menit sesuai keinginan.

Tunggulah beberapa saat hingga nantinya akan muncul pesan “I’ll start your timer“, yang artinya timer countdown mulai berjalan.

membuat timer countdown melalui cortana (1)

Meskipun jika nantinya jendela Cortana dalam keadaan tertutup, kamu bisa memastikan berapa sisa waktu dengan mengatakan “Hey Cortana!, how much time is left?“.

membuat timer countdown melalui cortana (2)

Jika waktunya sudah selesai, maka akan muncul pop up notifikasinya pada bagian pojok kanan bawah. Kamu bisa klik Dismiss untuk langsung menutup jendela notifikasi.

membuat timer countdown melalui cortana (4)

Terakhir jika kamu ingin membatalkan timer. Katakan “Hey Cortana!, cancel my timer“, dengan begitu Cortana akan menghentikan timer yang berjalan.

membuat timer countdown melalui cortana (3)

That’s it!

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.