Home PC Hands Off : Cara Shutdown, Restart, Sign out, dan Hibernate dengan Cortana

Hands Off : Cara Shutdown, Restart, Sign out, dan Hibernate dengan Cortana

Hands Off Cara Shutdown, Restart, Sign out, dan Hibernate dengan Cortana (1)

Ketika Cortana mulai dirilis pada Build 9926, banyak pengguna (mungkin kamu juga termasuk diantaranya) langsung tertarik untuk menggunakannya untuk melakukan pencarian sederhana hingga menggunakan Voice Command.

Tapi terpikirkah oleh kamu untuk mematikan PC dengan menggunakan Cortana?, memang hingga saat ini Microsoft tidak memberikan kemampuan tersebut, tetapi dengan sedikit trik, tidak hanya mematikan saja, kamu juga bisa merestart, log off, dan Hibernate dengan menggunakan perintah suara (hands off).

Shutdown, Restart, Sign out, dan Hibernate dengan Cortana

Pertama buka Windows Run (WinKey + R), lalu copy/ketikan %USERPROFILE%\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs. (Baca Juga : Daftar Super Lengkap Shortcut Windows 10 yang Sebaiknya Kamu Ketahui)

Hands Off Cara Shutdown, Restart, Sign out, dan Hibernate dengan Cortana (1)

Kemudian pada daerah kosong, klik kanan lalu pilih New – Shortcut.

Hands Off Cara Shutdown, Restart, Sign out, dan Hibernate dengan Cortana (2)

Selanjutnya kamu bisa memilih perintah yang dimasukan, diantaranya:

  • Mematikan PC : shutdown /s
  • Merestart PC : shutdown /r
  • Sign out : shutdown /l
  • Hibernate : shutdown /h

Hands Off Cara Shutdown, Restart, Sign out, dan Hibernate dengan Cortana (3)

Kemudian beri nama sesuai dengan perintah yang dimasukan tadi. Misalnya disini saya memasukan perintah untuk mematikan PC, maka nama yang dimasukan adalah Shutdown. Jika sudah klik Finish untuk mengakhiri proses.

Hands Off Cara Shutdown, Restart, Sign out, dan Hibernate dengan Cortana (4)

Sekarang waktunya untuk mencoba, buka Cortana dengan menggunakan Voice Command Hey Cortana! atau menggunakan shortcut WinKey + C. Kemudian ucapkan Open Shutdown“. Dengan begitu Cortana akan membuka file shortcut yang dibuat tadi dan akan mengeksekusi perintah didalamnya.

Hands Off Cara Shutdown, Restart, Sign out, dan Hibernate dengan Cortana (5)

Sisanya kamu bisa melakukan pengucapan sesuai dengan nama dan perintah didalamnya. “Open Restart“, “Open Log Off“, “Open Hibernate“, dst.

That’s it!

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.