Home News IDC: Market Share Windows Phone Cuma 0.9 Persen di 2020

IDC: Market Share Windows Phone Cuma 0.9 Persen di 2020

lumia950_3Winpoin sebelumnya pernah mengabarkan hasil riset dari Gartner yang mengatakan Windows Phone hanya memiliki market share sebesar 1.1 persen diakhir kuartal 2015 lalu, kini lembaga riset IDC mengatakan bahwa Windows Phone bakal semakin terguncang posisinya ditahun 2020 nanti.

Dalam data terbarunya, IDC memprediksi market share Windows Phone pada 2020 nanti hanya 0.9 persen, turun sangat dalam dari angka 1.6 persen pada saat ini.

Market share yang turun juga diimbangi dengan pengapalan smartphone yang anjlok, dimana pada nantinya hanya ada 17.8 juta unit smartphone Windows Phone yang berhasil dikapalkan, jauh jika dibandingkan pada saat ini sendiri, yakni sebesar 23.8 juta unit smartphone Windows Phone.

Android semakin melaju, market share iOS turun

Dari data ini, hanya Android yang bakal mengalami pertumbuhan market share dan jumlah pengapalan smartphone. Market share Android sendiri meningkat dari angka 82.6 persen pada 2016 ini, menjadi 84.6 persen pada 2020 nanti.

Pengapalan smartphone Android meningkat. Dari 1.2 milyar smartphone Android pada saat ini, di 2020 mendatang akan ada 1.6 milyar smartphone Android yang berhasil dikapalkan.

Namun, iOS justru mengalami kenaikan pengapalan smartphone dan penurunan market share. Di 2020 mendatang, smartphone iOS yang berhasil dikapalkan ada sebanyak 269 juta unit. Sementara itu, market sharenya turun dari 15.2 persen ke 14 persen pada 2020 mendatang.

Dan berikut data yang dirilis oleh IDC

Windows Phone Market Share 2015-2020

Perlambatan pasar dewasa ini memiliki beberapa akibat serius bagi Apple, serta smartphone Android high-end, karena ini adalah pasar yang menyerap sebagian besar handset premium yang dikirimkan selama lima tahun terakhir, ujar Ryan Reith, program director dari IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker.

Namun, ini bisa saja berubah total jika Microsoft masih punya semangat yang tinggi dan usaha yang baik untuk mengalahkan iOS dan Android. Windows 10 Mobile akan menjadi senjata Microsoft untuk mengalahkannya.

Tapi setidaknya dengan adanya data ini, bisa membuat Microsoft ‘terbangun dari tidur lelapnya’ untuk segera merancang strategi terbaik untuk melawan iOS dan Android, dengan smartphone terbaik disegala kelas, dengan fitur yang terbaik, dan OS yang punya kelebihan dan dapat diandalkan.

via Softpedia

Televisi dan Gadget. Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter atau LINE @indrakrisnadi. Email: indrakrisnadi(at)hotmail.com