Ini Alasan Pentingnya Cloud Backup untuk Industri Perbankan

Di zaman yang semakin maju ini, hampir setiap pemenuhan kebutuhan dilakukan secara digital. Digitalisasi menawarkan kemudahan pada manusia karena dengan adanya digitalisasi, manusia bisa memenuhi kebutuhan mereka dengan cara yang lebih praktis. Apa lagi bagi mereka masyarakat dinamis yang selalu sibuk akan aktivitas sehari-hari mereka.

Bahkan, aktivitas perbankan pun juga dilakukan secara digital. Dengan perbankan online, transaksi finansial dapat dilakukan lebih cepat dan mudah. Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan bagi mereka yang bergerak di industri perbankan, yakni masalah pencadangan data. Pencadangan data harus dilakukan di tempat yang tepat dengan mengandalkan cloud backup. Berikut alasan kenapa industri perbankan harus menggunakan pencadangan berbasis cloud.

 

Berkas Data Pelanggan Perbankan Terlindungi Secara Aman

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengguna jasa bank sangat banyak di Indonesia. Bukan ratusan ribu, tapi berjuta-juta penduduk mempercayakan kegiatan finansial mereka pada bank, mulai dari menabung, transfer, investasi, kredit dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, tak heran jika bank pastinya menyimpan banyak data terkait pengguna jasa mereka. Ada pun data tersebut akan kurang praktis jika diarsipkan dalam bentuk dokumen fisik. Belum lagi jika hilang.

Begitu pula jika hanya menyimpannya di PC lokal. Bagaimana jika musibah datang tiba-tiba seperti kebakaran atau PC-PC tersebut diserang virus sehingga membuat Anda harus kehilangan data para pelanggan perbankan Anda? Tentunya akan menjadi masalah yang serius, bukan? Oleh sebab itu, pencadangan di cloud bisa menjadi solusi untuk hal ini karena data Anda bisa Anda dapatkan kembali sewaktu-waktu. Data pelanggan Anda pun aman dan Anda bisa tetap memberikan layanan yang terbaik.

 

Mobilitas Workload yang Fleksibel

Pencadangan cloud memungkinkan transaksi perbankan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan fleksibel.  Hal ini disebabkan karena database bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Bandingkan dengan jika data yang Anda simpan ada di hardware tertentu sehingga jika ada hal penting atau transaksi yang memerlukan akses ke data tertentu tapi data Anda hanya tersimpan di PC tertentu, tentu akan membuat Anda mau tidak mau harus pergi ke PC tersebut lalu mencarinya di sana, bukan?

Berbeda jika Anda menggunakan cloud backup. Karena Anda bisa mengakses data yang Anda perlukan kapan pun dan di mana pun, maka proses perbankan pun bisa dilakukan saat itu juga. Praktis dan cepat, itulah manfaat yang akan Anda dapatkan dari penggunaan cloud backup. Layanan yang cepat tentunya akan memberikan kepuasan pada pelanggan Anda, bukan?

 

Kegiatan Perbankan yang Aman Membuat Konsumen Nyaman

Berbicara seputar masalah finansial, tentunya keamanan adalah hal utama yang harus dipertimbangkan. Bagi industri perbankan, pastinya memerlukan privasi dan keamanan yang tinggi untuk melindungi data perbankan mereka yang menyangkut orang banyak. Perbankan adalah sektor yang rawan disusupi oleh pihak ketiga, dalam hal ini adalah kemungkinan terjadinya cybercrime.

Untuk itu, Anda sebaiknya mencadangkan data Anda di sistem cloud dan jangan lupa untuk memilih layanan cloud yang bisa memberikan Anda keamanan maksimal terkait hal ini. Implementasi cloud yang mengutamakan keamanan dan privasi bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Sekarang Anda sudah tahu bahwa industri perbankan Anda memerlukan yang namanya cloud backup. Tentunya Anda juga tidak boleh asal dalam memilih layanan cloud backup. Pastikan bahwa cloud backup provider yang Anda pilih memang memiliki track record yang bagus dan layanan berkualitas seperti cloud backup dari PT Sarana Solusindo Informatika.