Inilah 5 Fitur Browser Spartan yang Tidak Dimiliki oleh Browser Lainnya

Windows 10 bakal dilengkapi dengan browser default yang benar-benar beda dari sebelumnya. Bukan..bukan IE versi baru, melainkan browser baru dengan codename Spartan.

Kita sudah beberapa kali memberitakan seputar Spartan ini, mulai dari tampilannya yang bakal mirip seperti kombinasi Chrome + Firefox, ditambahkannya dukungan add-on dan extension, serta dari performanya yang meningkat akibat rendering engine yang dirombak habis oleh Microsoft.

Namun selain fitur yang sudah dimiliki oleh hampir semua browser populer tersebut, Spartan kabarnya bakal dilengkapi dengan fitur yang tidak dimiliki oleh browser lainnya. Apa saja?

 

Cortana

Telah tersiar kabar bahwa Spartan bakal dilengkapi fitur yang tidak dimiliki oleh browser lainnya: kecerdasan Cortana!

Kabarnya Cortana bakal langsung ditanamkan di Spartan untuk memudahkan kamu saat mencari informasi melalui browser tersebut. Katakanlah kamu sedang mencari info tentang tiket dan jadwal penerbangan, maka begitu kamu ketikkan keyword tersebut di address bar, Cortana akan menampilkannya secara langsung di browser tersebut.

 

Mengutip Isi Website

Pengguna browser Spartan nantinya bisa mengutip isi website dan menyimpannya di OneNote. Bahkan kamu juga bisa mengirimkan kutipan tersebut ke rekan dan teman yang kamu inginkan.

 

Mengelompokkan Tab

Bagi kamu yang sering membuka banyak tab sekaligus, kamu bisa mengelompokkan tab-tab tersebut untuk membuatnya lebih rapi dan mudah diakses.

Misalnya saja kamu membuka banyak website untuk urusan pekerjaan dan juga hiburan, maka kamu bisa mengelompokkan tab-tab yang terbuka sesuai dengan kategorinya tersebut.

 

Berada di Windows Store

Browser Spartan bakal berada di Windows Store dan tersedia untuk versi desktop, tablet, dan smartphone. Khusus untuk tablet dan smartphone bakal tersedia dalam bentuk Modern Apps, sedangkan untuk desktop tetap dalam bentuk tradisional apps.

Diletakkannya browser Spartan di Windows Store ditujukan untuk memudahkan Microsoft dalam merilis update, serta memastikan bahwa pengguna Windows 10 bakal menggunakan browser Spartan versi yang terbaru.

 

Fitur, Tampilan, dan Experience yang Sama di Semua Device

Browser Spartan bakal memiliki fitur, tampilan, dan user experience yang sama di semua device. Apapun device yang digunakan, baik itu desktop, tablet, ataupun smartphone, tidak akan membuat pengalaman sang pengguna berubah. Tentu saja setiap data seperti bookmark, history, dsb bakal tersinkronisasi antar device.

 

Itulah 5 fitur di browser Spartan yang belum dimiliki oleh browser lainnya. Namun demikian perlu kamu ketahui bahwa nama Spartan ini masih merupakan codename. Entah apa nama final dari browser ini ketika dirilis nanti, tetapi dari kabar yang santer beredar menyatakan bahwa mereka tidak akan menggunakan nama Internet Explorer lagi.

via theverge

  Review MIUI 10 di Poco F1  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.