SP-Winpoin
Peforma Smartphone yang baik sejatinya ialah berkat adanya sebuah Chipset Processor yang ada di perangkat tersebut. Peran chipset ini sendiri sangatlah bersifat krusial dimana fungsinya ialah sebagai pengendali jalannya sistem pada smartphone.

Awalnya chipset processor sendiri hanya tersedia untuk komputer, namun karena semakin berkembangnya dunia teknologi kini sudah bisa diterapkan pada smartphone. Jadi jelas inilah salah satu alasan mengapa banyak pengembang chipset mulai memproduksi untuk smartphone karena penjualan komputer maupun laptop terus saja menurun .

Seiring dengan meningkatnya lonjakan pengguna smartphone, makin banyak pula permintaan akan komponen yang sangat penting ini. Dan inilah 8 macam chipset processor smartphone terbaik dan terpopuler yang ada saat ini:

 

8. OMAP

OMAP atau Open Media Application Platform ialah chipset besutan dari Texas instrument. OMAP sendiri sudah sampai di versi 5 dimana mereka mengklaim bahwa chipset ini lebih cepat dari versi chipset lain yang pernah mereka rilis. Chipset ini banyak digunakan di brand smartphone yang populer seperti Blackberry Q10, Samsung Galaxy Nexus, Motorola Droid, LG Optimus, Huawei Ascend, Amazon Kindle, bahkan pernah dipakai oleh Nokia salah satunya ialah Nokia N9 yang menggunakan OS meego .

ti-omap-5

 

 

7. PXA

Meski jarang digunakan tapi sebenarnya chipset Processor yang di produksi Marvell ini sudah memiliki 8 versi, salah satunya ialah versi PXA1918 yang ternyata support menggunakan 32 bit dan 64 bit. Smartphone yang pernah menggunakan Chipset ini ialah Samsung Galaxy Tab, HP Slate Voicetab Series, Motorola Moto dan HTC Advantage X7510 ponsel lawas yang menggunakan OS Microsoft Windows Mobile 6 Professional.

PXA Marvell samsung

 

6. Tegra

Chipset produk dari NVDIA ini terkenal akan pencetus Quad-core di lini smartphone dimana chipset lain masih menggeluti Dual-core. Chipset quad-core pertamanya ialah NVDIA Tegra 3 yang dibalut dengan ARM Cortex A9 dengan core Maximum 1.4GHz. Sedangkan versi terbaru dari Tegra ialah NVDIA Tegra X1 yang sudah 8-Core dan memakai Cortex-A57. Chipset ini memang untuk kamu yang doyan berlama – lama bermain game HD dan memutar video 4K. Chipset ini juga banyak di gunakan oleh brand – brand besar seperti HTC One, Xiaomi Mi Pad, Asus Nexus, NVDIA Shield, Samsung Galaxy Tab, Motorola, Sony Tablet dan tak mau yang tak mau kalah mencicipinya ialah Microsoft Surface dan Microsoft Surface 2.

tegra-surface-2

 

5. Apple Chipset

Untuk Chipset ini, kita tidak bisa berkomentar lebih karena hanya Produk Apple lah yang bisa menikmati chipset ini . Chipset ini digunakan sejak perilisan iPhone generasi 1 dimana pada saat itu Apple turut membuat era smartphone menjadi tenar sampai sekarang. Chipset dari Apple ini tidak hanya untuk iPhone saja bahkan di gunakan di iPad, iPod, Apple TV, dan Apple Watch. Chipset terbarunya ialah A9 dengan ARMv8-A untuk iPhone 6s/6s Plus dan iPad Pro .

a9-iphone

4. Exynos

Chipset Processor ini di kembangkan oleh Samsung dan di klaim dapat bermain game 3D HD tanpa sedikit pun adanya lag. Chipset ini sudah sampai di versi 7 dimana telah menggunakan ARMv8-A sama seperti Chipset Apple.  Namun tidak seperti Apple, Samsung mau berbagi chipsetnya ke produk selain Samsung seperti Meizu dan Lenovo .

exynos-samsung

3. Intel

Seperti NVDIA Tegra, Intel juga memiliki Chipset di lini smartphone. Meskipun terlambat mengeluarkan chipset ke ranah smartphone tapi terbayar lunas tuntas oleh hadirnya Chipset Intel Atom . Salah satu keunggulan yang mereka klaim ialah membuat chipset lebih baik pada ranah perangkat Pc x86, dengan kata lain membuat processor Dual Core serasa QuadCore. Dan Intel tentu saja berhasil membuat kerja nyata seperti smartphone Asus Zenfone, Lenovo, Dell Venue, Acer Iconia, Motorola, Samsung Galaxy Tab, dan Axioo dengn PICOphone i1 yang pertama mencicipi chipset terbaru dari Intel. Ya Intel Atom X3(SoFIA) yang mereka klaim tidak boros baterai bahkan minim overheat.

Axio-intel

 

2. Mediatek

Mediatek atau yang biasa di singkat MTK ini ialah produsen chipset terbesar di pasar Asia. Meskipun harga chipset ini terbilang murah namun bukan bearti kualitas yang di berikan juga murahan. Versi terbaru dari chipset Mediatek ialah Heliox20 dimana sudah menggunakan ARMv8-A alias 64-bit. Meski Banyak yang berpendapat bahwa chipset buatan mediatek ini kurang bagus, namun pada kenyataannya mediatek mampu menarik brand – brand besar menggunakannya seperti Sony varian Xperia, Lenovo, Xiaomi, HTC varian Desire, Alcatel, Oppo, Acer, Meizu, bahkan Flagship Veteran LG G3 Stylus juga mencicipi chipset ini.

Elephone-P9000

 

1. Snapdragon

Petinggi atau tertua sebutan yang pantas untuk chipset yang paling banyak di gunakan dari kelas Low-End sampai High-End ini. Dikatakan bahwa chipset olahan Qualcomm ini ialah Chipset terbaik dari segi peforma, konsumsi daya (Quick Charge 3.0), dukungan grafis, dan koneksi 4G. Bahkan Lumia sudah mengadopsi Chipset ini sejak era Windows Phone 7 dan untuk Lumia 950 juga nantinya akan menggunakan Chipset dari Qualcomm ini juga. Snapdragon mempunyai 4 Series dimana Series terbaru dan terakhir ialah series 8xx. Selain Lumia banyak juga brand yang meminang Chipset ini diantaranya Sony Xperia Z & M varian, Samsung Galaxy Varian, Xiaomi, Motorola, Lenovo, HTC, Asus, Oppo, Blackberry Z10, LG, dan OnePlus .

xiaomi-snapdragon

 

Itulah 8 macam chipset smartphone terpopuler di dunia saat ini.

Perbandingan antara 8 Chipset ini tidak bisa menjadi tolak ukur untuk menentukan mana diantaranya yang menjadi Chipset Processor terbaik. Hal ini karena selain chipset, performa smartphone juga bergantung pada kekuatan RAM, GPU, dan juga OS yang digunakan di smartphone tersebut.

Tentunya setiap brand akan mengklaim bahwa produknya adalah yang terbaik dengan berbagai penjelasan daftar panjang fitur yang dimilikinya. Tetapi tentu pada intinya semua kembali lagi di pilihan kamu ;)

  Review MIUI 10 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.