Inilah Kelebihan Microsoft Band dibandingkan Apple Watch

Apple mengumumkan beberapa produk baru saat acara Spring Forward di San Francisco. Yang paling menghebohkan dalam acara ini adalah produk Apple Watch. Dengan memperlihatkan Apple Watch, perusahaan Apple memulai debutnya dalam pasar Wearable. Perilisan resmi Apple Watch sudah dimulai pada 24 April lalu. Setelah itu Samsung, Motorola, Microsoft, dan setiap perusahaan teknologi di dunia mobile kini memperluas bisnisnya ke pasar Wearable.

Tidak mau kalah, Microsoft juga merilis produk Wearable yang bernama Microsoft Band, sekarang dijual dengan harga $199 (sekitar Rp. 2,5 juta) di Microsoft Store. Sekarang WinPoin akan mengulas, apa yang bisa dilakukan Microsoft Band tapi tidak dapat dilakukan Apple Watch.

 

Microsoft Band vs Apple Watch

 

Bisa Bekerja di Semua Device

Inilah Kelebihan Microsoft Band dibandingkan Apple Watch

Microsoft Band bisa bekerja di semua device baik di iOS dan Android, tidak hanya di Windows Phone atau komputer Windows saja. Beberapa minggu lalu Microsoft merilis Band SDK untuk developer. SDK bisa digunakan untuk berbagai mobile device seperti Windows Phone, Android dan iOS. Jika kamu memiliki Microsoft Band, ia akan bekerja dengan semua device, sementara Apple Watch hanya bekerja di Apple iPhone 5 dan versi yang lebih baru.

 

Baterai Lebih Tahan Lama

Inilah Kelebihan Microsoft Band dibandingkan Apple Watch

Microsoft Band dengan baterai penuh bisa bertahan hingga 48 jam (tergantung dari pengaturan, penggunaan dan faktor lainnya). Baru-baru ini Apple Watch dirilis dan baterainya tidak bisa bertahan selama sehari, hanya bisa bertahan selama 18 jam dan itu bisa kurang. Sangat jelas Microsoft Band lebih unggul daripada Apple Watch.

 

Harganya Lebih Murah

Inilah Kelebihan Microsoft Band dibandingkan Apple Watch

Pasti kamu sudah tahu kalau Apple menempatkan harga produknya lebih tinggi daripada yang lain. Harga Apple Watch dimulai dengan $349 (sekitar Rp. 4,2 juta) tapi sebagian besar yang dijual di pasaran harganya $549 (sekitar Rp. 6,6 juta ) sampai $999 (sekitar Rp. 12 juta), tentu kamu akan mempertimbangkan ketika ingin membeli device ini. Di sisi lain, Microsoft Band harganya hanya $199 (sekitar Rp. 2,4 juta).

 

Built-in GPS

Inilah Kelebihan Microsoft Band dibandingkan Apple Watch

Microsoft mengklaim kalau Microsoft Band sangat cocok digunakan untuk jogging, hiking atau berspeda. Semua ini dikarenakan adanya fitur built-in GPS di Microsoft Band. Device ini bisa mengukur jarak perjalanan, melacak kecepatan dan ketinggian, mencatat rute dan bahkan terhubung dengan aplikasi Microsoft Health. Bahkan Apple Watch melakukan hal yang hampir sama dengan mengirimkan data ke aplikasi yang ada di device seperti iPhone. Apa yang ada di dalam Apple Watch bukanlah built-in GPS melainkan GPS yang ada di smartphone.

 

Aplikasi Produktif

Inilah Kelebihan Microsoft Band dibandingkan Apple Watch

Microsoft Band juga bisa menampilkan notifikasi email, kalender dan pesan. Cortana juga hadir disini. Selain itu ada juga Twitter dan Facebook, bisa juga load kartu Starbucks untuk mempermudah pembayaran kopi. Sedangkan Apple Watch juga bisa menampilkan semua notifikasi seperti pesan, email, telepon yang masuk, Twitter dan Facebook. Selain itu aplikasi pihak ketiga juga ikut bisa menampilkan notifikasi tergantung tim developer aplikasi. Pada hal ini kedua device bisa dibilang sama, selain keunggulan Microsoft Band yang bisa bekerja disemua device bahkan Android.

 

Inilah Kelebihan Microsoft Band dibandingkan Apple Watch

Sedangkan di sisi lain, ada beberapa hal unik yang tersedia di Apple Watch, misalnya pilihan gelang yang tersedia dengan berbagai desain untuk keadaan tertentu. Microsoft Band memiliki bentuk layar horizontal dan simpel, Apple Watch memiliki desain yang keren seperti produk biasanya.

  Review Zoom H1  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.