Kenapa Banyak Orang yang Tak Suka Internet Explorer??

Tak jarang pecandu internet benci menggunakan Internet Explorer. Bahkan sebagian orang membutuhkan internet explorer ketika mereka menggunakan Windows baru, hanya untuk mendownload browser lainnya. Karena banyaknya komentar negatif tentang Internet Explorer, ideologi Internet Explorer yang jelek menjadikan pengguna komputer lainnya beranggapan sama.

Kalau kamu termasuk orang yang beranggapan negatif tentang IE tapi tidak mengetahui alasannya, berikut ini WinPoin akan menjelaskannya. Dari mana sejarah ini dumulai, apakah selamanya Internet Explorer memiliki citra yang buruk?

Padahal faktanya mulai Internet Explorer versi 9 telah mengalami peningkatan, penambahan fitur dan membuat standar yang baru. Jauh lebih baik dari versi-versi yang sebelumnya yang menanamkan citra buruk pada Internet Explorer.

 

Sejarah Awal Internet Explorer – Apakah Browser Ini Bagus Awalnya??

Kita semua sudah berpikir kalau Internet Explorer itu lemot, browser yang ketinggalan jaman, tapi kenyataannya tidak seperti itu. Faktanya, kembali ketika Internet Explorer banyak memberikan inovasi pada web hari ini.

Berikut ini sejarah singkat yang telah dilupakan oleh browser terkenal satu ini:

Internet Explorer 3

Kenapa Banyak Orang yang Tak Suka Internet Explorer??

Pada tahun 1997 Internet Explorer 3 mulai dikenalkan. Ini adalah browser pertama yang mengimplementasikan CSS (Cascading Style Sheets). Ini adalah kenyataannya, selain itu ia juga memperkenalkan banyak fitur seperti Java applet dan ActiveX control.

Internet Explorer 4

Kenapa Banyak Orang yang Tak Suka Internet Explorer??

Internet Explorer 4 dikenalkan pada tahun 1997, muncul dengan cepat menggantikan versi sebelumnya. Membawa mesin rendering yang baru sebagai komponen embeddable yang digunakan oleh aplikasi lain. Ini adalah bagian terpenting daripada orang sadari. Versi ini juga memperkenalkan Dynamic HTML, yang memungkinkan halaman web secara dinamis mengubah halaman menggunakan JavaScript dan menambahkan integrasi Active Desktop.

Anehnya lagi, seperti tak ada orang yang tahu, Internet Explorer 4 sebenarnya cross platform. Kamu bisa menginstallnya pada Mac OS, Solaris dan HP-UX dan saat Internet Explorer 5 dirilis, Internet Explorer 4 telah menguasahi 60% pasar browser.

Internet Explorer 5.x

Kenapa Banyak Orang yang Tak Suka Internet Explorer??

Microsoft menciptakan Ajax. Apa itu?? Itu adalah versi Internet Explorer yang memperkenalkan fitur XMLHttpRequest di JavaScript, yang mendasari teknologi aplikasi web pada hari ini, seperti Gmail. Tentu saja, Ajax tidak benar-benar diciptakan sampai masa berikutnya selain Microsoft.

 

Microsoft Si Pembuat Inovasi

Dari Internet Explorer 3 sampai Internet Explorer 6, Microsoft menggunakan semua resource untuk membuat inovasi, merilis fitur baru dan browser yang lebih baik dan cepat dari Netscape. Faktanya, Netscape 3 Gold adalah sepotong browser sampah karena crash hampir sepanjang waktu ketika digunakan, dan Netscape 4 sangat lambat dan hampir tidak bisa merendering tabel. Apalagi CSS yang sering menyebabkan browser crash.

 

Jadi Apa yang Membuat Internet Explorer Selalu Salah?

Kenapa Banyak Orang yang Tak Suka Internet Explorer??

Semua masalah ini dimulai ketika Microsoft mengintegrasikan IE dengan Windows sebagai komponen yang diperlukannya. Selain itu membuatnya sulit untuk diuninstall dan menggunakan browser alternatif. Lalu seluruh bisnis mereka memonopoli mencoba untuk menekan keluar Netscape dari pasar, dan banyak orang mulai melihat Microsoft sebagai perusahaan yang jahat.

Microsoft Mulai Berhenti Berusaha

Pada tahun 2001 saat Microsoft merilis Internet Explorer 6, itu datang dengan banyak fitur baru untuk web developer, sejak saat itu tidak ada persaingan dan mereka menguasahi pasar sebesar 95%. Microsoft berhenti berusaha serius, mereka tidak melakukan apa-apa selama 5 tahun, bahkan setelah Firefox dirilis. Pada geek mulai bermigrasi kesana-kemari.

Microsoft Mulai dengan Fitur Spesifik

Semua masalah dengan inovasi Microsoft adalah banyak dari fitur baru itu tidak mengikuti standar web. Ini tidak masalah ketika Internet Explorer adalah satu-satunya web browser, tapi Firefox dan Webkit datang dengan standar yang benar. Membuat web developer beralih ke dua browser itu.

Banyak Cela Keamanan dan Seringnya Crash

Sejak Microsoft memutuskan untuk tidak berusaha lagi dan mereka tidak mengikuti kompetisi dengan Firefox dan browser lainnya. Bug dan cela keamanan hanya dipotong dari kiri dan kanan. Misalnya kode berikut ini yang membuat Internet Explorer 6 crash.

<script>for(x in document.write){document.write(x);}</script>

Seperti pada screenshot di atas, menunjukan Internet Explorer memiliki bug yang membuatnya crash.

Internet Explorer 7 dan Internet Explorer 8 Sedikit Terlambat

Butuh waktu sekitar 5 tahun setelah Internet Explorer 6 untuk Microsoft merilis Internet Explorer 7 yang menambahkan tab dan membuat browser sedikit diperhitungkan. Tapi untuk web desainer itu masih mimpi buruk, dan hanya ada masalah rumit untuk merender halaman.

Kemudian butuh waktu 2,5 tahun untuk Microsoft akhirnya merilis Internet Explorer 8 yang meningkatkan dukungan CSS untuk web developer. Selain itu juga menambahkan fitur Private browsing dan phising protection. Dalam hal ini, kebanyakan geek telah beralih ke Firefox, dan beberapa beralih ke Google Chrome.

 

Inilah Alasan Sebenarnya Kenapa Geek Benci Internet Explorer

Tidak semua Geek membenci teknologi lawas yang usang, pada kenyataannya masih banyak yang menyukai Gameboy, Nintendo, Atari dan sebagainya. Tapi mengapa Internet Explorer memiliki cerita yang berbeda??

Kenapa Banyak Orang yang Tak Suka Internet Explorer??

Berikut ini beberapa alasan mengapa kebanyakan kamu tidak suka browser ini dan memutuskan untuk menggunakan browser lain:

Mendukung IE Seperti Memasukkan Benang ke Jarum di Mata Web Developer

Salah satu alasan mengapa geek membenci IE adalah para web developer menghabiskan waktu berjam-jam untuk memastikan halaman bisa ditampilkan dengan sesuai di browser Internet Explorer. Sedangkan untuk Chrome, Firefox, Safari dan bahkan Opera, tidak membutuhkan waktu selama itu.

Ketika kamu membuka IE dan melihat ada sesuatu yang salah dari halaman itu. Butuh waktu dua kali lipat untuk memperbaikinya di IE6 dan IE7 daripada browser lainnya.

Untungnya pada tahun 2014, Internet Explorer 6 dan 7 mengalami penurunan statistik yang tidak normal, dan kebanyakan website sudah tidak mendukung mereka lagi. Bahkan pengguna Internet Explorer 8 memiliki presentase yang sedikit.

Para Geek Dipaksa Menggunakan Internet Explorer

Para geek telah dipaksa untuk menggunakan Internet Explorer saat bekerja bahkan ketika ada browser yang lebih baik, dipaksa mendukung untuk aplikasi perusahaan, dipaksa untuk membuat web bekerja di IE dan kita tidak bisa meyakinkan mereka kalau ada browser yang lebih baik.

Geek sebenarnya tidak membenci Internet Explorer, tapi mereka membencinya ketika mereka harus dipaksa menggunakannya.

 

Bagaimana Masa Depan Internet Explorer??

Sekarang bisa dibilang beruntung, Microsoft sepertinya mulai belajar banyak dari kesalahannya di masa lalu untuk dunia browser. Internet Explorer 10 dan 11 sangat cepat sebagian masalah terjadi pada browser umumnya, dan sudah menggunakan UI yang baru. Bahkan rumornya Microsoft menggantikan Internet Explorer dengan browser Sparta di Windows 10.

Kenapa Banyak Orang yang Tak Suka Internet Explorer??

Padahal banyak berdasarkan pengujian terbaru, banyak malware baru yang tidak mengargetkan IE, karena menulis plugin untuk IE adalah hal yang rumit, sedangkan menulis beberapa kode HTML dan JavaScript untuk membuat ekstensi adware untuk Firefox dan Chrome sangat mudah.

Ini adalah dunia baru dimana Chrome dan Firefox menjadi target kejahatan daripada Internet Explorer.

via HTG

  Review Zoom H1  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.