Home PC Inilah Manfaat Berlangganan Office 365

Inilah Manfaat Berlangganan Office 365

Inilah Manfaat Berlangganan Office 365

Microsoft Office adalah program yang (mungkin) hukumnya wajib ada di setiap komputer Windows. Dengan Microsoft Office, kita bisa mengolah dokumen dengan menggunakan Word hingga membuat presentasi dengan menggunakan PowerPoint. Bahkan program ini juga merupakan salah satu program yang dimasukkan dalam kurikulum pendidikan komputer di Indonesia, setidaknya waktu saya masih SMP dan SMA dulu.

Namun sangat disayangkan, keberadaannya kebanyakan adalah produk versi “petani” alias bajakan. Pengguna mendapatkan lisensinya secara ilegal. Padahal harga Office sekarang ini sudah sangat terjangkau dengan adanya metode berlangganan Office 365. Dengan metode berlangganan ini, kita bisa mendapatkan banyak sekali benefitnya. Mau tahu apa saja?

Sebelumnya, mari kita bahas perbedaan lisensi Office biasa dengan Office 365. Perbedaannya kira-kira adalah sebagai berikut :

  • Lisensi Office biasa memungkinkan kita untuk membeli lisensi Office secara penuh. Jadi saat kita membelinya, Office bisa kita gunakan selamanya. Harga lisensi Microsoft Office 2016 mulai dari Rp 1.799.999 untuk versi Home and Student 2016.
  • Lisensi Office 365 memungkinkan kita membayar harga Office secara bulanan atau tahunan. Jadi program Microsoft Office 2016 tidak sepenuhnya menjadi milik kita. Seolah-olah kita hanya menyewa program tersebut dalam jangka waktu tertentu. Misalnya kita membeli lisensi 1 tahun Office 365, kita bisa menggunakannya selama setahun dan sesudahnya harus diperbarui lagi biar kita bisa menggunakannya lagi. Harga langganan Office 365 mulai dari 87.999/bulan atau 879.999/tahun untuk versi Personal.

Sudah jelas kan?

Kalau begitu, enak beli sekali dong? Kan sekali beli bisa dapat selamanya?

Hmmm bisa iya bisa tidak. Belum tentu juga. Bila misal kita menggunakan Office 365 personal lebih dari 1 Tahun ya pasti kena harga lebih mahal dibandingkan membeli Office Home and Student 2016. Namun sebenarnya banyak kok benefit lain yang bisa didapatkan. Nggak percaya? Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan jika kita menggunakan Office 365.

Microsoft Office 2016

Membeli lisensi Office 365 berari kita akan mendapatkan versi terbaru dari Microsoft Office yang bisa kita install ke komputer milik kita. Jika Office 365 Personal hanya memberikan lisensi untuk 1 buah PC/Mac dan 1 buah perangkat mobile, maka Office 365 Home memberikan lisensi untuk 5 buah PC/Mac dan 5 buah perangkat mobile. Nah mantap banget kan? Cukup berlangganan Office 365 versi Home selama setahun, bisa diinstall ke 5 PC/Mac dan 5 buah perangkat mobile dalam satu keluarga. Menurut saya ini sangat menguntungkan, pakai banget.

Inilah Manfaat Berlangganan Office 365

Bandingkan jika kamu beli lisensi Office biasa. Kamu hanya akan bisa mendapatkan sebuah lisensi untuk sebuah komputer/Mac. Jika mau beli lebih banyak, ya pasti beli lisensi baru juga. Mungkin membeli beberapa lisensi akan mendpaatkan potongan harga, namun harganya tetap jauh lebih mahal.

Upgrade Gratis

Jika kamu pikir dengan membeli lisensi Office biasa sudah cukup, coba pikir. Jika kamu membeli paket Microsoft Office 2016, maka kemungkinan besar kamu harus bayar lagi untuk mendapatkan upgrade ke Office terbaru. Jadi misal di tahun 2019 akan dirilis Microsoft Office 2019, maka kamu harus merogoh kocek lagi buat beli upgradenya. Meskipun bisa mendapatkan harga lebih murah, namun tetap saja bayar mahal.

Lain halnya jika kamu membeli Office 365. Jika kamu masih dalam masa langganan, maka kamu tidak perlu lagi bayar upgrade buat mendapatkan Microsoft Office terbaru. Mau ada upgrade puluhan kali tetap tidak akan kena biaya tambahan. Itu berlaku untuk semua lisensi, dan jika kamu beli Office 365 Home ya berarti 5 PC/Mac sekeluarga tetap bisa mendapatkan upgrade gratis. Worth banget ya.

Paket OneDrive 1TB

Siapa yang suka pakai OneDrive? OneDrive bisa dibilang penyimpanan cloud paling mumpuni saat ini. Jika kamu beli lisensi Office 365, maka kamu sudah mendapatkan tambahan penyimpanan hingga 1TB. GEDE BANGET YA? Harga langganan untuk 50GB saja sekitar 30.000/bulan. Kalau untuk berlangganan hingga 1TB, bisa 1000/50 x 31.000 = Rp 620.000. Lumayan banget kan?

Inilah Manfaat Berlangganan Office 365

60 Menit Skype

Siapa yang nggak kenal Skype? Dengan lisensi Office 365, kita bisa mendapatkan 60 menit menelepon. Bukan telepon biasa lho, bukan telepon ke sesama akun Skype, namun termasuk menelepon ke nomor telepon beneran, dalam maupun luar negeri. Wah asyik banget kan?

Inilah Manfaat Berlangganan Office 365

Mau coba telpon? Saya pernah iseng iseng cari nomor Starbuck Amerika dan coba nelpon nomor tersebut menggunakan Skype dan berhasil ngobrol sama mbak-mbak Amerika hahaha :v. Nggak kuat lama-lama…..

Inilah Manfaat Berlangganan Office 365

Setelah nelpon, yang kepotong bukan kredit saya tetapi menit nelpon saya. Hehehe lumayan lah buat latihan TOEFL atau IELTS wkwkwkkwk

Inilah Manfaat Berlangganan Office 365

Harga Terjangkau?

Masalah harga sebenarnya adalah masalah pribadi masing-masing kok. Tapi kalau masalah worth atau nggak, Office 365 ini menurut saya worth banget.

Misal saja kita beli lisensi Office 365 Home, kita cukup bayar Rp 1.199.999/tahun dan sudah mendapatkan lisensi untuk 5 PC/Mac, 5 perangkat mobile, 1TB OneDrive, dan 60 menit Skype. Selama setahun itu kita bisa mendapatkan upgrade (bukan update biasa) secara gratis tanpa dipungut biaya lagi. Program Office yang didapat adalah Word, Excel, PowerPoint, Outlook, dan OneNote.

Jika kamu beli Office Home and Student yang harganya Rp 1.799.999 sekali beli, kamu hanya akan dapat Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. Kamu tidak mendapatkan Outlook, 1TB OneDrive, 60 menit Skype, hingga dukungan upgrade gratis.

Inilah Manfaat Berlangganan Office 365

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi saja situs Office Indonesia ini

Nah begitulah kira2 tentang langganan Office 365. Bagaimana menurutmu? Mau beralih ke Office 365? Atau mau pakai “lisensi lain”?

  Solusi Laptop Minim Storage  

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia