Microsoft baru saja merilis Surface Go. Ini adalah Surface versi murah yang dibandrol harga mulai dari $399 atau sekitar 5,8 jutaan rupiah. Ukurannya kecil, dengan layar cuman 10 inch aja, tapi desainnya sangat mirip seperti Surface Pro. Ada kick stand, touch cover, surface pen, dan tentunya bisa dilepas jadi tablet dan dipasang seperti laptop. Bisa dibilang ini adalah versi mini dari Surface Pro.

Buat kamu yang penasaran seperti apa versi murah Microsoft Surface ini, tonton video ulasan Surface Go berikut ini:

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info teknologi terbaru setiap hari.

Seperti yang kamu lihat, spesifikasi Surface Go sangat minimalis. Layarnya berukuran 10 inch dengan resolusi 1800 x 1200 px dan rasio 3:2. Bezel nya tebal, apalagi di layar kecil jadi makin terlihat tebal. Tapi menariknya, Surface Go ini sudah dilengkapi dengan kamera depan yang support Windows Hello, jadi kamu bisa login dengan Face Unlock.

Ada port USB 3,1 Type-C dan juga Surface Connector, dan Surface Go ini tebalnya hanya 8,9mm dengan berat 0,52 kilogram. Lebih berat sedikit daripada iPad, tetapi tetap ringkas dan ringan untuk dibawa kemana-mana.

Di versi termurah di $399 kamu bakal mendapatkan Surface Go varian 4GB RAM dan 64GB storage. Sedangkan varian 8GB RAM dan 128GB storage, harganya $549 atau sekitar 7,9 jutaan rupiah.

Untuk prosesornya sama semua, yaitu menggunakan Intel Pentium Gold 4415Y dual core generasi 7, yang dipilih Microsoft untuk menyeimbangkan performa, baterai, dan juga temperatur di desain tipis tanpa fan.

Perlu kamu ketahui bahwa harga tersebut hanya untuk tablet PC nya aja, sedangkan Touch cover, Surface Pen, dan Surface Mouse dijual terpisah.

Surface Pen dijual $99, Surface Mouse $34.99, dan Type Cover Black $99. Ada juga Signature Type Cover dengan alcantara warna merah, biru, dan silver yang dijual $129.

Jadi kalau dihitung satu paket komplit masih terhitung mahal, dengan versi komplit termurah sekitar $632 atau 9,1 jutaan rupiah.

Jadi bagaimana, apakah kamu tertarik membeli Surface Go ini? Bagikan pendapat kamu seputar Surface Go di kolom komentar.