Home News Intel Kerja Sama Dengan AMD Untuk Prosesor Baru ber-GPU AMD

Intel Kerja Sama Dengan AMD Untuk Prosesor Baru ber-GPU AMD

Rivalitas antara AMD dan Intel sudah ibarat Tom dan Jerry. Saling mengejar dan mengalahkan satu sama lain. Namun bukan berarti selamanya mereka bermusuhan bukan? Ada kalanya mereka berbaikan dan bekerja sama. Tak terkecuali Intel dan AMD. Saat ini Intel bekerja sama dengan AMD untuk mengembangkan prosesor Intel generasi 8 seri H yang mengusung GPU high-end AMD.

Discrete GPU Sebelum dan Sesudah (Credit: Intel Corporation)

Umumnya discrete GPU memerlukan ruang yang memakan tempat di motherboard. Namun dengan teknologi ‘Embedded Multi-Die Interconnect Bridge (EMIB) dan power-sharing framework terbaru dari Intel, ukuran Discrete GPU kini bisa seringkas integrated GPU.

Intel juga mengembangkan software dan antarmuka khusus untuk discrete GPU untuk mengkoordinasi informasi dari semua elemen, mengatur temperatur, dan daya. Koordinasi tersebut membantu GPU mengetahui apakah kamu memerlukan tenaga atau daya tahan baterai.

Dari kolaborasi ini Intel dan AMD betujuan untuk membuat chip yang super tipis, ringan, hemat daya, namun memiliki performa yang tinggi. Sehingga kedepannya laptop gaming tidak akan terlihat seperti tumpukan batu-bata, namun tipis, mudah dibawa, dan bisa dipakai ngegame tanpa susah-susah cari colokan.

Kerjasama ini juga bagian dari rencana Intel dan AMD mengurangi ketergantungan pada Nvidia yang kebanyakan mengisi GPU laptop high-end. Namun, masih belum banyak informasi yang bisa digali dari chip ini. Untuk mendengarnya lebih jauh, kita harus menunggu kuartal pertama 2018 nanti.

Sebuah berita yang menarik sekali bukan? Jangan lupa bagikan pendapatmu disini yak!

via MacRumors

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.