Melalui event Intel Accelerated yang diselenggarakan berapa hari yang lalu, Intel merilis roadmap mengenai CPU yang mereka kembangkan dalam beberapa tahun kedepan.

Tentu dengan adanya roadmap ini, membuat pengguna bisa mengetahui secara jelas mengenai apa yang Intel kerjakan serta ekspektasi yang akan dihadirkan nantinya dari prosesor terbaru mereka.

2021: Inten 7 dan Alder Lake

Agenda pertama yang akan dilakukan adalah merilis pengenalan Intel 7 generasi ke-12 dari Intel Core dengan codename Alder Lake. Intel 7 sendiri sebelumnya dikenal dengan 10nm SuperFin milik Intel Core generasi ke-11, hanya saja telah dioptimalkan dan menawarkan peningkatan kinerja per-watt hingga 15%.

Meskipun Intel 7 mengindikasikan 7nm, namun Intel tampaknya akan menggunakan 10nm untuk tahun 2021. Meskipun tidak akan menggunakan prosesor 7nm, Alder Lake tetap akan mendapatkan peningkatan dari segi performa. Dari bocoran benchmarks yang ada, Alder Lake mengalahkan Ryzen 9 5950X.

Alder Lake sendiri rencananya akan dirilis akhir tahun 2021. Versi flagship dari Alder Lake, Core i9-12900K, kabarnya akan memiliki Golden Cove & Gracemont yang memiliki 16 core dan 24 threads.

2022: Raptor Lake

Tahun 2022, Intel akan merilis generasi selanjutnya dari Alder Lake, yaitu Raptor Lake. Prosesor generasi ke-13 ini kabarnya hanya memberikan peningkatan dari Alder Lake.

2023: Intel 4 dan Meteor Lake

Tahun 2023, Intel akan transisi dari prosesor 10nm ke 7nm. Selain itu, Intel 4 juga akan memulai debutnya ada perilisan generasi ke-14 dari Intel Core dengan codename Meteor Lake.

Image by Intel

Dengan menggunakan fabrikasi 7nm, peningkatan kinerja per-watt akan meningkat 20%, hal ini karena ukurannya yang lebih kecil serta penggunaan EUV lithography dengan kepadatan transistor hingga hingga 250 juta transistor per milimeter persegi. Nantinya, Intel 4 ini diharapkan dapat melampaui proses 5nm dari TSMC dan Samsung.

2024: Intel 3 dan Intel 20A

Tidak banyak informasi yang diberikan oleh Intel setelah 2023. Intel hanya mengatakan bahwa Intel 3 akan diproduksi pada Q2 2023, dan akan digunakan pada prosesor terbaru Intel pada awal 2024.

Intel 3 ini akan memberikan peningkatan pada Intel 4. Dari hasil yang di-claim Intel, Intel 3 lebih hemat 18% ketimbang Intel 14.

Selain itu, Intel akan perkenalkan Intel 20A sebagai penerus Intel 3 dengan. Selain prosesor terbaru, Intel 20A akan menggunakan dua teknologi baru. Pertama adalah PowerVia, dimana teknologi ini bertujuan untuk mengurangi konsumsi daya. Kedua adalah RibbonFET yang akan teknologi menggantikan FinFET yang sudah ada semenjak 2011.

RibbonFET ini akan menggunakan transistor gates-all-around (GAA). Jadi ketimbang menggunakan satu ‘gerbang’, GAA akan menggunakan beberapa gerbang pada transistor. Hal ini memungkinkan transistor untuk membuka dan menutup secara cepat, yang mana dapat memberikan peningkatan dari segi performa.

2025: Intel 18A

Image by Intel

Terakhir pada tahun 2025, Intel akan memperkenalkan Intel 18A. Tidak banyak informasi yang diberikan mengenai Intel 18A ini, namun tampaknya Intel 18A akan menggunakan teknologi yang sama yaitu RibbonFET dan PowerVia dan dibangun diatas prosesor 5nm tetapi memiliki peningkatan.

Source: Intel, AnandTech, TheVerge

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.