Home News Intip Penampakan Project NEON: Tampilan Baru Windows 10 Selanjutnya

Intip Penampakan Project NEON: Tampilan Baru Windows 10 Selanjutnya

Dua bulan yang lalu, WinPoin pernah membahas tentang Project NEON, sebuah proyek mengenai tampilan baru Windows 10 yang akan menggantikan Metro UI (Baca Juga: Mengenal Project NEON, Calon Penerus Metro UI).

Pada artikel tersebut kita juga membahas bahwa tampilan dari Project NEON akan ada banyak tampilan tranlucent (blur dan transparan) seperti yang ada di UI HoloLens. Dan ternyata prediksi tersebut tidak sepenuhnya salah. Berikut penampakan dari Project NEON.

Secara garis besar, tampilan Windows 10 tidak berubah. Hanya aplikasi UWP atau modern app yang dulunya membawa bahasa desain Metro kini memiliki tampilan baru. Bahasa desain yang digunakan adalah perombakan dari bahasa desain sebelumnya. Jadi tidak benar-benar baru seperti perubahan dari Windows 7 ke Windows 8.

Project NEON

Tampilan tersebut harus diakui cantik. Microsoft memberi nama tampilan yang nge-blur dan semi transparan ini dengan Acrylic. Yang menurut saya, tidak ada bedanya dengan translucent, hanya beda nama. Dengan Acrylic, tampilan aplikasi jadi jauh lebih berwarna, ramai, namun tidak mengganggu dan terlihat lebih rapi. Hal ini tidak akan membuat kita bosan memandangnya.

Project NEON

Selain itu Project NEON ini akan membawa berbagai animasi dan navigasi baru yang lebih smooth. Sepertinya tidak penting tapi sebenarnya sangat signifikan. Karena animasi yang smooth membuat Windows 10 terasa lebih cepat dan mulus. Terasa lho ya, aslinya masih sama.

Intip Penampakan Project NEON, Tampilan Baru di Windows 10

Project NEON kemungkinan akan hadir setelah Creators Update atau dengan kata lain pada update Redstone 3, yang berarti akan hadir tahun depan. Penampakan-penampakan diatas hanya gambaran sekilas dari Project NEON, belum mencangkup semuanya. Baru permukaan dari sebuah gunung es. Bisa jadi nanti masih ada perubahan-perubahan baru lagi. Semoga tampilan baru ini lebih konsisten dan tidak terkesan (maaf) berantakan atau campur aduk dengan UI sebelumnya.

Intip Penampakan Project NEON, Tampilan Baru di Windows 10
Project NEON

Cantik bukan? Tapi, harus saya akui, tampilan ini mengingatkan saya pada macOS milik Apple yang juga membawa banyak translucent pada UI nya sejak OS X Yosemite. Namun sekali lagi, saya suka sekali dengan model UI ini. Membawa saya bernostalgia ke masa kejayaan Aero. Nah bagaimana kalau menurutmu? Bagikan juga pendapatmu disini yak! :)

via MSPU

  Menggabungkan Banyak File PDF Menjadi Satu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.