Setelah bergulirnya Windows 10 October 2018 update yang penuh bencana, Microsoft nampaknya memperbaiki build rilisannya perlahan-lahan hingga dalam taraf ‘layak’ untuk diinstal. Namun, sebagaimana banyak dikeluhkan teman-teman pengguna, sepertinya banyak perangkat yang belum dapat menginstal Windows 10 October 2018 Update. Nah, Microsoft baru saja mengumumkan penyebabnya, yaitu ‘belum diselesaikannya permasalahan driver pihak ketiga’. Jadi, Microsoft masih memblokir update untuk perangkat yang menginstal beberapa driver atau aplikasi bermasalah, seperti misalnya iCloud dari Apple atau software dari Cisco dan Morphisec.

Software keamanan Morphisec, baru saja mengumumkan bahwa pengguna dapat mencoba sekali lagi menginstal October 2018 Update setelah Microsoft bekerja bersama perusahaan itu untuk mengatasi permasalahan di software milik Morphisec.

Dalam blognya, Microsoft menulis:

Masalah selesai: Morphisec dan Cisco telah merilis versi terbaru aplikasinya untuk mengatasi masalah ini. Kami menyarankan pengguna mencoba mengupdate kembali untuk mendapatkan upgrade ke Windows 10, versi 1809:

  • Morphisec Protector version 2.4.8 (Untuk informasi lebih lanjut, lihat blog Moriphisec Cyber Security)
  • Cisco AMP for Endpoints version 6.2.3.10814 (Untuk informasi lebih lanjut, lihat halaman dukungan Cisco Security)

Sebuah blokir upgrade tetap berlaku untuk versi lebih awal dari aplikasi selain yang tercantum di atas.

Oke, Microsoft memang layak dibully karena akhirnya menjadikan update Oktober (selesai) dirilis Desember. Tapi keterbukaan Microsoft dalam mengakui dan mengatasi masalah ini tetap layak diacungi jempol. Untuk teman-teman yang masih kesulitan mendapatkan update secara OTA, kelihatannya bisa ‘memintas’ dengan cara menginstal build untuk October 2018 Update di Microsoft Update Catalogue.

Penasaran dengan masalah lain yang muncul di Windows 10 October 2018 Update? Cek di halaman ini.

 

Sumber: MSPoweruser

  Snapdragon PALING EXTREME  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.