Salah satu fitur yang ngangenin bagi saya setelah pindah dari Edge Legacy ke Edge Chromium adalah Tab Aside, bagi kamu yang belum tahu, di Edge Legacy (mulai Window 10 Creator Updates) ada sebuah fitur spesial yang bernama Tab Aside, dan dengan fitur ini kita dapat menyimpan banyak tab, yang selanjutnya dapat kita buka kembali dengan cepat tanpa membuat Windows 10 kita menjadi lambat.

Untuk pengguna yang membuka kurang dari 30 Tab mungkin fitur ini agak kurang berguna, namun bagi mereka yang membuka banyak sekali tab sekaligus, dan tidak ingin kesulitan mencari tab yang sedang terbuka, fitur tentu akan mulai terasa manfaatnya.

Namun sayang, sampai sekarang Microsoft tidak membawa fitur Tab Aside ini ke Edge Chromium, namun bagi kamu yang kangen dengan fitur tersebut, jangan khawatir karena kamu masih dapat menggunakan ekstensi dengan fitur serupa.

Disebut dengan Tabs Aside, ekstensi yang dikembangkan oleh Michael “XFox” Gordeev ini akan memungkinkan kamu membawa Tabs Aside dari Microsoft Edge Classic (Edge Legacy), ke Microsoft Edge Chromium atau Google Chrome.

Berdasarkan deskripsinya, ada beberapa fitur yang cukup menarik hadir pada Ekstensi ini.

  • Familiar UI inherited from legacy Microsoft Edge with some improvements
  • Auto Dark mode
  • Now you can restore one tab from collection without removing

Untuk penggunaannya sendiri, setelah kita instal Ekstensinya, kita dapat menekan tombol ekstensi Tabs Aside di Toolbar Edge Chromium, selanjutnya disana kita bisa ‘set current tab aside’ yang akan menyimpan seluruh tab yang sedang terbuka.

Selanjutnya seluruh tab akan tersimpan dan kita bisa merestorenya kapanpun kita inginkan.

Menurut saya, memang fitur dari ekstensi ini sedikit mirip dengan Tabs Aside di Edge Legacy, namun jelas pengalaman penggunaannya sedikit berbeda dan tidak semulus Tab Aside Edge Legacy dulu, namun meskipun begitu dengan ekstensi ini setidaknya dapat mengobati rasa kangen akan salah satu fitur Edge Legacy Tab Aside, dan tentu dapat membantu kita mengatur banyak tab yang terbuka.

Selain itu, bagi kamu pengguna Google Chrome, kamu juga bisa menggunakan ekstensi ini yang dapat kamu download pada link dibawah:

Kamu bisa mendownload ekstensi Tabs Aside ini pada halaman Microsoft Edge Add On berikut, atau melalui halaman Chrome Web Store berikut.

Nah bagaimana menurutmu? kamu dulu pernah menggunakan Tab Aside? jika ada ekstensi serupa yang lebih baik lagi, silahkan komen dibawah guys.

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.