Katakan Bye-Bye Pada Adobe Creative Suite!

Bagi kamu penggemar dan pengguna software Adobe Creative Suite, entah itu Photoshop CS, Dreamweaver CS, Illustrator CS, dll, sepertinya kamu harus mengucapkan selamat tinggal. Adobe CS6 adalah versi terakhir dan tidak akan ada lagi CS7.

Hal ini karena Adobe menghentikan pengembangan Creative Suite dan menggantinya dengan Creative Cloud (CC). Efeknya, software Adobe yang dulu bisa dimiliki dengan cara “membeli” kini hanya bisa dimiliki dengan cara “menyewa” dan harus membayar setiap bulannya.

Adobe menarik tarif $19.99 per bulan untuk 1 aplikasi (misalnya Photoshop CC saja, Adobe Premiere Pro CC saja, dsb) serta menarik tarif $49.99 per bulan untuk bisa mengakses semua paket software yang ada.

Belum lagi berlangganan paket komplit memerlukan komitmen untuk membayar selama 1 tahun penuh, yaitu sekitar $599.88 per tahun.

Teknologi cloud memang kini sedang marak dan dipercaya bisa mengurangi angka pembajakan. Mungkin langkah Adobe ini dilakukan karena mereka ingin mengurangi angka pembajakan terhadap software mereka??

Yang jelas banyak pengguna yang mengeluhkan sistem subscription ini. Banyak pengguna yang merasa rugi jika harus membayar setiap bulan hanya untuk menggunakan software tersebut beberapa kali saja dalam sebulan. Belum lagi harganya yang mahal membuat software buatan Adobe kini sulit dijangkau oleh orang yang sedang belajar.

via Adobe

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.