Home News Keluarga Aplikasi Facebook Menaikkan Persyaratan Hardware di Windows 10 Mobile

Keluarga Aplikasi Facebook Menaikkan Persyaratan Hardware di Windows 10 Mobile

Apakah kamu pengguna setia aplikasi keluarga Facebook – maksud saya di sini adalah Facebook, Messenger, dan Instagram di Windows 10 Mobile? Jika iya, maka sepertinya kamu yang menggunakan perangkat mid-end dan low-end terpaksa harus mengelus dada. Perusahaan yang dirintis Mark Zuckerberg ini baru saja menaikkan persyaratan untuk semua aplikasinya di Windows 10 Mobile, spesifiknya dalam hal RAM. Kini hanya perangkat Windows 10 Mobile yang memiliki RAM 2GB ke atas saja yang dapat menginstal Facebook, Messenger, atau Instagram!

Dengan demikian, berarti hanya kamu yang menggunakan perangkat Lumia 930, 1520, 950, 950 XL, Elite x3, atau Alcatel IDOL 4 Pro/4S saja yang bisa ‘menggunakan jasa’ aplikasi keluarga Facebook ini (oke, dua yang terakhir terus terang belum pernah saya temui di Indonesia).

Dengan adanya ‘kenaikan persyaratan’ ini, diharapkan memang kita akan mendapatkan pengalaman yang lebih mulus saat menggunakan aplikasi keluarga Facebook di Windows 10 Mobile.

Meskipun demikian, jangan berkecil hati. Setelah melakukan cross check, ternyata beberapa teman saya yang menggunakan Lumia 730 masih dapat menginstal aplikasi keluarga Facebook ini, meskipun terdapat tanda silang berwarna merah di bagian Requirements.

Adakah peningkatan performa? Fitur baru? Experience yang lebih menyenangkan?

Sepertinya jangan terlalu banyak berharap. Saat mencoba membuka aplikasi Facebook (peringatan tambahan: Jika kamu ingin mengunduhnya – besarnya 107MB loh), saya tidak menemukan fitur baru yang sudah umum di perangkat lain seperti Facebook Live, Boomerang, atau bahkan sekedar posting dengan background warna-warni. Duh!

Beberapa media Microsoft seperti WMPoweruser juga menyatakan bahwa Instagram di Windows 10 Mobile memiliki fitur baru, yaitu Face Filter yang heboh tersebut – Namun faktanya, ketika saya mencoba, fitur tersebut sepertinya belum sampai ke perangkat saya.

Jadi, mengapa Facebook menaikkan persyaratan hardware? Sepertinya Facebook berupaya untuk menyediakan pengalaman yang stabil dan ‘mengejar’ fitur-fitur yang sudah diberikan ke platform lain, hanya saja hal tersebut belum sepenuhnya bisa terwujud di platform Windows 10 Mobile. Ke depannya mungkin kita bisa mengharapkan pengalaman yang lebih reliabel dan stabil saat menggunakan aplikasi keluarga Facebook.

Terakhir, jika kamu menyukai aplikasi keluarga Facebook, namun merasa aplikasi tersebut membebani perangkat Windows 10 Mobile kamu, maka kamu bisa mencoba menggunakan 6Tag sebagai pengganti Instagram, serta menggunakan Slim Social for Facebook sebagai pengganti Facebook.

Bagaimana pengalaman kamu dalam menggunakan aplikasi keluarga Facebook? Bagaimana pendapat kamu tentang kenaikan persyaratan minimum ini? Sumbangkan opini kamu di kolom komentar!

 

 

 

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta