Jika kamu memiliki komputer keluarga, pasti kamu akan membuatkan setiap user satu akun untuk memudahkan mereka dalam menggunakan komputer. Tetapi mungkin kamu juga kadang-kadang bertanya, kenapa setiap user harus memiliki akun komputer sendiri? Atau bahkan kamu memiliki komputer keluarga yang hanya menggunakan satu akun dengan semua user?

Pengguna Windows dapat dengan mudah membuat dan menghapus akun komputer untuk user-usernya, kali ini WinPoin akan membahas lebih dalam tentang user dan akun komputer. Jika kamu berpikir setiap user tidak perlu memiliki akun, itu adalah salah dan jika kamu berpikir setiap user perlu memliki akun, ada benarnya dan juga ada salahnya.

 

Kenapa Tidak Menggunakan Satu Akun Saja?

Alasannya sangat sederhana, ketika kamu hanya menggunakan satu akun untuk semua user yang menggunakan komputer kamu maka kamu akan berbagi pengaturan software, file dan system permission.

Pengaturan Software – Ketika kamu menggunakan satu akun saja, maka semua orang yang menggunakan komputer kamu akan menggunakan browser yang sama. Ini akan membuat orang lain tahu tentang link dari akun online penting yang kamu gunakan, melihat password login, history browser, bookmark dan masih banyak lagi. Jika kamu menggunakan banyak akun untuk setiap user, maka mereka akan menggunakan browsernya sendiri dengan begitu mereka akan punya password login, history, bookmark dan pengaturan lainnya sendiri. Ini berlaku tidak hanya software browser saja, software seperti email client juga begitu.

File – Banyak user dengan satu akun tidak akan memberikan setiap orang privasi terhadap file-file yang dimilikinya. Semua orang akan dapat melihat file kamu dan sebaliknya. Jika setiap user memiliki setiap akun, maka mereka tidak akan bisa melihat file orang lain jika disimpan di C:\User.

Kenapa Setiap User Harus Memiliki Akun Komputer Sendiri?

System Permission – User bisa memiliki akun komputer dengan kemampuan administrator atau standar. Jika mereka menggunakan akun standart, kamu dapat menggunakan fitur Windows parental control untuk mengatur pembatasan. Semua orang atau user yang menggunakan komputer kamu dapat diberikan batasan permission agar tidak dapat melihat file yang kamu miliki, install software, atau membuat perubahan untuk komputer kamu. Ini sangat berguna jika ada user pemula yang menggunakan komputer supaya tidak menginstall malware.

 

Bagaimana Cara Kerja Akun yang Banyak?

Ketika kamu membuat banyak akun, user harus login dengan memasukkan password ketika berada di Windows login screen. User bisa memiliki kemampuan administrator atau standar. Jika user memiliki kemampuan admin maka ia akan memiliki semua akses ke system. Sedangkan akun standar mempunyai batasan dan membutuhkan permission admin untuk menginstall software, mengganti system setting dan melihat file yang tidak bisa diakses, dan masih banyak lagi.

Kenapa Setiap User Harus Memiliki Akun Komputer Sendiri?

Setiap user yang memiliki akun akan mendapatkan folder sendiri yaitu C:\User. Di folder ini user akan memiliki folder standar seperti My Documents, Downloads, and Desktop. Dengan begini user akan bisa lebih memiliki privasi dengan menyimpan file atau dokumen mereka. Kebanyakan setting dan data aplikasi juga disimpan di setiap folder akun.

Kamu juga bisa login dengan akun banyak sekaligus, caranya mudah, kamu cukup melakukan lock screen dan membiarkan user lain login akun mereka. Ini akan membuat software, aplikasi atau window yang kamu buka tetap berjalan tetapi dengan desktop yang berbeda.

Kenapa Setiap User Harus Memiliki Akun Komputer Sendiri?

 

Akun Guest

Akun Guest adalah tipe user akun spesial yang memungkinkan semua orang untuk menggunakannya. Jika kamu memiliki teman atau siapapun yang ingin menggunakan komputer untuk browser atau mengecek email, WinPoin rasa kamu perlu mengaktifkan akun guest di komputer Windows kamu daripada membuat akun baru yang bertipe standar. Akun guest akan melindungi privasi akun kamu dan akun lainnya, jadi seorang yang memakai akun guest tidak dapat melihat data pribadi kamu, menginstall software atau mengganti system setting.

Kenapa Setiap User Harus Memiliki Akun Komputer Sendiri?

Karena Windows memiliki kemampuan login banyak akun secara bersamaan, kamu tidak perlu log out untuk membiarkan teman kamu menggunakan komputer kamu. Hanya lakukan lock screen dan biarkan mereka login dengan akun guest. Window dan desktop kamu akan tetap berjalan secara background, jadi komputer kamu mungkin akan bekerja dengan lebih keras.

Kenapa Setiap User Harus Memiliki Akun Komputer Sendiri?

 

Kesimpulan

Sekarang kamu tahukan pentingnya setiap user memiliki akun? Tetapi tidak semua user harus memiliki akun komputer kamu, misalkan saja teman kamu yang sering berkunjung ke rumah. Dia tidak harus diberikan akun, gunakan saja akun guest. Setiap akun akan memiliki privasi masing-masing, kecuali akun tersebut administrator yang bisa melihat semua folder akun yang ada di komputer tersebut.

  Review MIUI 10 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.