Home Editorial Inilah Kesalahan Awal Microsoft sehingga Gagal Mendominasi Dunia Mobile

Inilah Kesalahan Awal Microsoft sehingga Gagal Mendominasi Dunia Mobile

Kesalahan Awal Microsoft

Mungkin kamu merasa bahwa persaingan dunia mobile atau ponsel saat ini seolah hanya antara Apple dengan iOS-nya serta Google dengan Android-nya. Microsoft sebagai ‘kuda pacu’ ketiga Nampak terseok-seok mengejar meskipun secara resmi memang berada di posisi ketiga.

Flashback ke sekitar tahun 2006, Microsoft terlihat memiliki prospek yang lumayan. Pesaingnya saat itu adalah BlackBerry yang sedang merajai pasar smartphone sedunia, sementara Microsoft menghadirkan Windows mobile dengan format PDA untuk kalangan bisnis yang juga disasar oleh BlackBerry. Nokia waktu itu masih berfokus pada ponsel fitur yang penuh gaya dan laris di seluruh dunia. Namun pada tahun 2007, ketika Apple mengeluarkan iPhone generasi pertama, lambat laun kedigdayaan Microsoft di dunia mobile menurun. Ketika Android mulai diperkenalkan tahun 2008, bahkan BlackBerry juga harus turun tahta dengan sangat menyakitkan.

Kini kita menyaksikan kedigdayaan Android dengan penguasaan hampir 80% pasar smartphone, disusul iOS yang menguasai sekitar 12%-nya. Pangsa pasar Windows Phone hanya sekitar 3% di seluruh dunia. Ini tentu saja menyisakan misteri. Sebenarnya apa yang menjadi kesalahan Microsoft sehingga gagal mendominasi dunia mobile ketika mereka memiliki harapan cerah untuk itu? Seorang Ex-Developer Microsoft, Balaji Viswanathan memberikan jawaban menarik akan hal ini di forum Quora. Dari situ kita dapat mempelajari kesalahan awal Microsoft sehingga gagal mendominasi dunia mobile sebagai bahan pelajaran bagi kita bersama.

 

1. Fokus Awal

Kesalahan Awal Microsoft

Balaji Viswanathan menyatakan:

Microsoft on one end was trying to take on Apple on its #1 product. Apple put most of its energy on iPhone, while phone was just among the 40 things Microsoft did. For a long time, phone division didn’t even come into the top 5 priorities for Microsoft [with a lion’s share of attention going to Windows, Office, Online Services and Servers – for obvious reasons]. This was not wrong, but that is the reality.

 

Pada saat Apple mengerjakan iPhone, itu adalah prioritas utama mereka. Bukan rahasia bahwa Steve Jobs menyukai sistem kerja yang terfokus dan dia ahli dalam mengenali produk mana yang bakal ‘menjual’ nantinya. Seluruh sumber daya Apple dikerahkan untuk mengerjakan ‘ponsel masa depan’ yang bahkan jarang orang membayangkan hal ini sebelumnya.

Sedangkan bagi Microsoft, divisi Windows Mobile bukanlah prioritas utama mereka. Penghasilan utama Microsoft adalah dari OS Windows, Office, Layanan Online, dan Server. Bahkan dinyatakan oleh Viswanathan bahwa Windows Mobile bahkan tidak masuk lima besar prioritas teratas Microsoft. Padahal Microsoft saat itu adalah perusahaan multinasional dengan kekayaan yang bahkan bisa menyaingi beberapa Negara berkembang.

Ini menjadi pelajaran bagi kita bahwa fokus itu penting, baik dalam kehidupan professional, ataupun ketika kamu berstatus pelajar. Tentukan yang utama untuk kamu dan kerahkan sumber daya yang kamu miliki untuk membangunnya.

 

2. Meremehkan Pesaing pada Awalnya

Kesalahan Awal Microsoft

Konon ketika Jobs mengumumkan iPhone generasi utama, Andy Rubin (kreator  utama OS Android) tengah dalam sebuah perjalanan. Dia sampai menyuruh sopirnya menepi agar dapat menyaksikan presentasi Jobs lewat siaran langsung web. Reaksi Andy Rubin saat itu adalah kekaguman, sekaligus ketakutan ketika membandingkan iPhone dengan OS perangkat yang tengah disiapkannya, Android. Saat itu Rubin mengambil sebuah keputusan fenomenal yaitu merombak total OS Android yang sebenarnya sudah hampir siap launching. Tim Rubin bekerja seperti orang gila untuk menyelesaikan versi Android yang benar-benar baru hanya dalam jangka waktu satu tahun setelahnya.

Sayangnya, Ballmer yang saat itu juga menyaksikan acara yang sama, justru menertawakan presentasi Jobs. Saat itu Ballmer tidak habis pikir, siapa yang akan mau membeli ponsel ‘tanpa tombol’ dan tidak dapat digunakan untuk kalangan enterprise.

Kisah selanjutnya, kita tahu siapa yang benar dan siapa yang lengah dalam hal ini. Ketika Microsoft sadar, Android telah mendominasi pasar secara luar biasa, sementara iPhone menjadi ikon mode dan tren sehingga tetap memiliki penggemar fanatik yang kuat serta sulit digeser.

 

3. Terlambat Mengenali Peluang Bisnis Baru

Kesalahan Awal Microsoft

Dalam postingnya, Viswanathan juga menyatakan sebagai berikut:

On the other end, Microsoft was trying to compete with Android – with the power of Google, Samsung and the whole open source community behind it. Even if Google were selling Android as a proprietary software without other partners, Microsoft would have found it very hard as Google had its powerful range of services [search, maps, mail] to back it up while Microsoft’s comparative services significantly lag those of Google’s.

 

Kalimat tersebut menyoroti kesalahan Microsoft dalam bersaing dengan Android. Seperti yang kita tahu, Google memiliki bisnis inti iklan dari mesin pencari. Berdasarkan sudut pandang ini, mereka menganggap bahwa ponsel adalah perpanjangan akses ke mesin pencari mereka. Hitung-hitungan ini menjadikan mereka berani membuat sebuah Operating System yang dilepas secara gratis kepada manufaktur. Metode ‘gratisan’ inilah yang menjadikan banyak manufaktur dengan suka cita mendukung Google dan mengadopsi Android sebagai OS mereka.

Hitung-hitungan ini tentu saja tidak masuk akal untuk Microsoft. Sebagai perusahaan ‘penjual software’, adalah aneh jika mereka harus melepas software secara gratis. Akibatnya Microsoft mati-matian berupaya merayu manufaktur agar bersedia menggunakan OS Windows miliknya, sementara Microsoft tetap menagih ongkos lisensi.

Bila ada satu perusahaan yang menawarkan OS gratis, sementara yang lain meminta bayaran, tentu saja kita tahu mana yang akan dipilih sebagian besar manufaktur.

 

Kesimpulan

Dari ulasan tersebut, kita memahami mengapa saat ini Microsoft seolah dalam posisi terjepit jika ingin bersaing dengan Apple dan Google. Apple adalah perusahaan penjual hardware, Google pemasang iklan, sedang Microsoft penjual software dan layanan enterprise. Bersaing dengan Apple, tentu saja Microsoft perlu hardware mumpuni. Mereka telah berusaha menambal ini dengan membeli divisi ponsel Nokia, namun ternyata itu masih belum cukup karena Apple telah memulai start yang bagus dengan merayu kalangan developer agar mengutamakan iOS. Bersaing dengan Google, Microsoft lebih kepayahan lagi karena Google demi masuknya iklan siap menggelontorkan segala inovasi dan layanan yang dilepas gratis (bayangkan ini dari sudut pandang seorang pembuat software).

Namun demikian, Windows 10 mobile yang akan dirilis menawarkan harapan baru, karena Microsoft telah berupaya menambal berbagai kesalahan awal yang dilakukannya. Fokus terbaru Microsoft pada tipe perangkat yang diproduksi memungkinkan mereka bersaing dengan Apple, sementara Windows 10 mobile dan Windows 10 yang dilepas secara gratis menjadikan mereka dapat menantang Google. Hasilnya mungkin akan baru kita saksikan dalam beberapa tahun ke depan.

Punya pendapat lain terkait hal ini? Sumbangkan pendapatmu di kolom komentar.

 

 

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta

  • Rully Bodi

    lama2 artikel gk ada gunanya diposting

    • Habibi Abyan

      berguna atau enggaknya tergantung pribadi masing2 bro..
      klw menurut ente gak ada gunanya ya jgn di baca, SIMPLE AJA BRO…

      • Rully Bodi

        gk bermutu

      • Rully Bodi

        kasian mata gw

        • Rivanda Bakhtiar

          Masih punya mata om? :v dimana? Didalem pantat apa diatas dengkul :v

          • Nurcahya

            kayaknya matanya di dlem pantat :v

          • Rully Bodi

            anak setan haha

          • Rully Bodi

            DASAR BOCAH

    • dirga wahyu adi Aksa

      Gak berguna brooo kalau orang nya yg baca kaya sampean

      • Rully Bodi

        emg lu apaan

    • Samuel Manjo

      Anda benar2 tidak bisa melihat sisi positifnya dari artikel ini..

      • Rully Bodi

        buang2 waktu

        • Samuel Manjo

          Lalu kenapa komen disini kalau buang2 waktu? Anda memang tidak bisa berpikir POSITIF..

          • Rully Bodi

            lo kenapa jg nanggepin,

          • Toiletkost

            Sakit.

    • Kurotsuki Kaitou

      Ada pelajaran penting di sana. Mirip dengan pelajaran jatuhnya Symbian dan MeeGo Hamattan oleh gempuran Android dan iOS. Dulu, di tahun 2010, roadmap Symbian sebenernya udah cukup bagus. Dengan dukungan fans yang sangat fanatik, saya yakin mereka harusnya mampu bersaing. Sayangnya pihak manajemen malas-malasan dalam hal development OS karena merasa udah di atas angin. Ngapain kerja keras. Sehingga perkembangan Symbian pun sangat lambat. Akhirnya tersaliplah oleh Android. Di situ titik kejatuhan Nokia udah keliatan.

      • Rully Bodi

        ada org sok tau

        • Nurcahya

          Njir, Developer sekelas mas Kurotsuki dibilang SOk tau?
          ente emang makluk apaan? :v

          • Rully Bodi

            cuma pengembang yg copy paste aja maksud lo,, kyk gw gk bisa coding aje. lo apaan? banc

    • Achmad Riduwan

      Jgn” ente cuma buka link , trus scroll kebawah smpe kolom komentar yak ,buat komen kyak gituan ,gk dibaca dlu (dan dipahami) isi artikel tsb.. -_-
      .
      Sama seperti klo suatu portal berita online posting berita dgn judul yg “wah” di medsos (apalgi klo ttg politik , unsur SARA atau suatu fitnah ataupun yg bisa memancing satu sama lain ) , banyak org komen (red:koar-koar) tanpa dibaca dan dipahami isi berita tsb dan pdhal klo dibuka linknya , dibaca beritanya dan judulnya aja yg “wah” tapi isinya (mungkin) biasa saja…
      Jdi jgn koar” sana sini klo gk terlalu mengerti sama sekali :)
      .
      Dan di artikel ini banyak pelajaran yg bisa ane dan para pembaca lainnya ambil utk menjadi seorang pribadi yg lebih baik lagi :D
      *Salam Damai :)

      • Rully Bodi

        caper detected

        • Achmad Riduwan

          Caper ??? Hadehh -_- parah bet org satu ini -_-

          • Nurcahya

            mungkin dia sedang lelah gan. kurang makan kayaknya :v

          • Rully Bodi

            poor you

          • Rully Bodi

            caper

  • gpp juga sich nambah wawasan dikit tentang strategi pemasaran

  • Mochammad Reza

    Kesimpulannya,jadi orang jangan sombong dan meremehkan (Ballmer)

  • Sekarang Microsoft sudah berada di jalan yang benar

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Pantes…

  • disqus

    Selama tahta ballmer apple mengejar mocrosoft secara keseluruhan bukan hanya divisi smartphone dlm rentan wkt 10 thn..SALIBKAN BALLMER BEBASKAN BARABAS..

  • Agil Faisal Rahman

    banyak pelajaran yang bisa di ambil… good artikel…

  • Abdulhady SR

    Nice post, inspired.

  • randy

    artikelnya good..
    menambah wawasan agar ttp fokus dlm usaha..

  • ad galiih

    Wahh
    Jd jangan ngeremehin saingan.
    Tetep fokus dengan apa yg bernilai unt saat ini dan yg akan datang..
    Yahh wajar
    Apa yg dipandang mata adalah masa depan.

  • Semoga menemukan fokusnya Gan. Kalau saran dari Pak Jobs, fokuslah ke hal yang dicintai. Meskipun kelihatannya remeh, sering tanpa diduga ini membantu di masa depan nantinya

    *Steve Jobs bilang gini dalam konteks waktu muda dia ikut kursus kaligrafi karena senang nulis, lalu ternyata bermanfaat ketika bikin Apple, dia menciptakan font yang benar-benar beda dari para pesaingnya*

    Dalam skala yang lebih kecil, seorang anak bernama Kiki sering dicubit gurunya karena ketahuan nulis cerpen dan puisi sepanjang pelajaran. Pada acara lulusan, guru cantik itu meminta buku yang dipakainya menulis banyak cerpen dan puisi sebagai kenang-kenangan, dan anak bandel tadi sukses menghidupi diri dari hobi menulisnya. (0 0)/

    • Muzakki Fatch

      Terima kasih gan..selama beberapa tahun ini karena gagal tembus ptn lewat beasiswa ane jadi gak kuliah dan biarin hidup ane mengalir apa adanya. Hahaha jadi curhat wakakaka

    • PrioHanif

      Apakah langkah microssoft (dengan segala strategi peluncuran W10 yg beda dgn windows” sebelumnya) ini pertanda microsoft mulai fokus mengejar ketertinggalan dengan kompetitornya?

      • Seharusnya begitu. Windows 10 berupaya mengambil hati developer dengan menawarkan kemudahan porting (untuk mengatasi kekurangan aplikasi), Microsoft berfokus pada perangkat unggulan – hanya 6 perangkat per tahun (fokus hardware, bersaing dengan Apple), Windows 10 dapat diakses dimana-mana, Cortana di Android dan iOS (mengikis pangsa pasar Google Search). Itu beberapa di antaranya..

  • al

    Setuju fokus ! Dan jangan pernah sombong atau ngremehin orang lain itu adalah pelajaran yg sangat berharga

  • Muhammad Hafid Suharijanto

    nanti kita lihat kedepannya. ktx win 10 bisa mendobrak android dan ios

  • Arch625

    Ajiiibbbbb….

  • tidak hanya menambah pengetahuan, tetapi juga banyak amanat dan makna yang bisa kita ambil dari artikel ini :D

  • disqus

    Dan gelap pun menyelimuti wp..membelah reputasi ballmer menjadi 2..

  • andika priatama

    ya semoga aja dengan win 10 mobile nanti dengan adanya universal app nanti bakalan meroket dan semoga aja banyak developer app banyak membuat app yg bagus dan game yg bagus ataupun app yg ada di android maupun di apple bisa kita pakai di windows mobile. tapi ya alhamdulillah masih survive windows mobile sampai sekarang. btw jadi ke inget dulu pernah pake PDA os windows haha

  • Semua itu kembali pada masyarakat. Gak usah sedih atau merasa malu dan gengsi. Masyarakat dunia ini 2/3 nya ada di negara2 5 terbesar populasinya, Cina, India, Amrik, Indonesia, dan Brazil. Penduduk di negara ini mempengaruhi dunia, temasuk dalam bidang ekonomi mode jual beli.

    Saya tau ini website pro sama Microsoft, dan nomor 1 di Indonesia, tapi apa salahnya melihat pesaing sebagai cerminan dan biasa aja. Saya pengguna Android loh :)) kadang apalah daya kan di sini ada aja yang secara inplisit sindir ini sindir itu. Saya juga pengguna Windows di komputer :( jd saya bingung harus di pihak siapa. Biarkan masyarakat menentukan. Gak semuanya salah di strategi…tapi perusahaan harus menyesuaikan permintaan

    duh -___- kok ngebahas kuliahan ane di sini sih

    • Kurotsuki Kaitou

      Lah, kan emang postingan ini ngebahas itu. Bahwa di dunia mobile, Microsoft salah langkah dan harusnya fokus seperti Google dan Apple. Dan gara-gara salah langkah itu akhirnya mereka menelan ludah sendiri. :3

      • masalah fokus itu masalah nanti, semua nya gak mereka yg salah, kita sebagai masyarakat yg harus nanya pd diri sendiri, misalnya kamu, kok bisa beli windows phone, faktor apa, kenapa, dll…gitu, akhirnya, kita lihat pula dr sisi mereka… :)

    • wew

      yauda semua salah lu lah karna lu uda komen :v :v :v

  • Juned Dza Lach

    Mobile first.. saya pikir, kedepannya microsoft harus mencurahkan fokusnya pada divisi mobile device.. karena seperti itulah masa depan berikutnya…

  • PrashT

    tl;dr….
    kebanyakan orang suka gratisan, jadi dbarang gratis = win :v

    • Kurotsuki Kaitou

      Android gratis dari Google. Tapi kalo OEM mau jualan devicenya ke pasar global, mereka musti siap bayar lisensi paten Microsoft yg dipakai Android, untuk seluruh device yg mereka buat (kira-kira USD 10 per device). Kenapa OEM yang kena? Karena Google kasih Androidnya gratisan, tidak ada revenue di sana, jadi ya tidak wajib bayar paten. OEM yang jual device lah yang wajib bayar karena mereka ada revenue dari jualan device. :3

  • Nurcahya

    jadi intinya pelajaran yang diambil dari postingan ini
    1. jangan pernah ngeremehin orang lain
    2. kalo kita udah ngerasa di atas angin jangan pernah males malesan, karena suatu hari nanti pasti bakal ada yang ngalahin kita kalo kita males malesan mulu
    3. kembangkan lah kemampuanmu
    4. sesuatu yang terlihat kecil sebenernya belum tentu kecil, tapi bisa saja merubah hidupmu secara besar besaran
    itu yang ane dapetin

  • Irul

    Dimasa Ballmer lah masa paling kelam microsoft… di pasar mobile cuma dapet remah”.. di pasar PC meskipun masih mendominasi tapi setiap review selalu nempatin OSX sebagai rekomendasi utama (Kalo lu punya duit beli perangkat Apple ngapain beli perangkat basis windows)… ya semoga microsoft g melakukan kesalahan yang sama.. (Btw.. itu kenapa microsoft g beli Here sekalian sih, lha nanti gimana kalo si triocar jerman hentiin layanan here ke publik.. lha masa iya pake bing maps yang kurang disana-sini)

  • Andri Yumanda Saputra

    stay tune dulu di andro, kalo wp harga ama spek dah pas baru ganti :v
    lagian rasanya bosen os windows mulu dari hp / pc :v

  • Reza Fahlevy

    saya sebagai pengguna android untuk smartphone turut bersedih ketika NOkia tiba tiba hilang dari pasaran utk hp yg dikenal memiliki nilai tinggi. I miss you Nokia, aku harap Nokia fokus pada Android. utk Windows mungkin mreka bagus utk PC dan Tablet, kalo utk HP saya rasa hrs banyak fitur dan penambahan baru apalagi tampilan saya tdk suka tampilan notifasi Windows 10 Mobile kayak canggih tapi jadul, Tingkatkan Tampilan designnya. Sideload apps juga di banyakin nya jd bisa lebi tertarik jgn berpatok pda Store. Symbian ada .jar maupun .sis . Android ada .apk Windows Phone 10 ? sideload nyaa

  • Untung Dwi Prasetyo

    Microsoft sedang mencoba bangkit untuk WPnya. Tapi tetap jangan lengah, karena siapa tahu Android sedang berusaha membuat OS untuk kelas PC :D

  • Yusuf Kurniawan

    Kalo gitu saya beli Lumia nunggu “Beberapa tahun kedepan” itu :3 ,

  • ikhsan

    Akhirnya om kiki :))) !!!! Kirain mau nulis artikel “Mengapa google takut sama mikrosop” part 10 hahahahaha. .

  • Nadhif Revisyach Fahmi Setya-W

    waktu ane liat film “Steve Jobs” , Bill gates kan nyuri produk Apple lalu dilaunching duluan dengan nama “Microsoft”

    • Pirates of Silicon Valley?

      Kalau masalah GUI itu iya ~ setelah sebelumnya Jobs juga nyolong dari Xerox :D

  • Fatur Rohman Penuh Ceria

    Mari kita tanyakan pada rumput bergoyang . Apa yg terjadi 1 th mendatang