Frame Per Second (FPS) pada monitor merujuk pada frame rate ketika bermain game, menonton video, ataupun kegiatan lainnya. Semakin tinggi FPS yang dihasilkan, maka pergerakan gambar akan terlihat lancar. Sebaliknya jika semakin kecil (drop frame), maka pergerakan gambar akan terkesan laggy / patah-patah. Maka dari itu, sangat penting melakukan monitoring terhadap FPS untuk menentukan performa yang ada, terutama ketika bermain game.

Kamu sendiri bisa memonitoring FPS dengan menggunakan beberapa aplikasi pihak ke-3 seperti Steam FPS Counter, NVIDIA GeForce Experience, Radeon Overlay, dsb.

Akhirnya, Microsoft sebagai pemiliki dari platform tempat dimana sebagian besar game bisa terinstall, menyadari hal tersebut. Terbaru, mereka memberikan fitur FPS Counter pada October 2019 update.

Update fitur ini otomatis akan terinstall pada Windows 10, tetapi kamu juga dapat cek perbaruannya secara manual melalui Microsoft Store.

Image by WindowsLates

FPS Counter sendiri akan berjalan ketika hanya kamu sedang membuka game. Semua game mendukung FPS Counter ini, termasuk game dari Microsoft Store, game klasik Win32, hingga game yang dijalankan melalui emulator.

Ini merupakan suatu langkah yang tepat diambil oleh Microsoft untuk menambahkan fitur FPS Counter. Dimana mereka juga kedepannya akan menghadirkan lebih banyak game di Microsoft Store, terlebih dengan adanya Xbox Game Pass for PC.

Source News Xbox

  Duel Klasik VIVO vs OPPO..!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.