Kalo kita lihat kebutuhan laptop Mahasiswa itu cukup tricky ya, di satu sisi biasanya butuh laptop yang powerful terutama buat yang butuh buat tugas berat kayak desain, animasi, atau kalo saya dulu sih di engineering biasa butuh buat AutoCAD misalnya — tapi di sisi lain juga perlu laptop yang budgetnya gak terlalu over, terus desainnya setidaknya juga stylish lah.

Han hari ini saya akan sedikit review laptop terbaru ASUS yang cocok dipake oleh mahasiswa, dan ini adalah ASUS VivoBook Ultra 14 yang baru aja dirilis dengan harga berkisar mulai 8,5 sampai 12,7 jutaan rupiah, tergantung varian yang dipilih.

Beli ASUS VivoBook Ultra 14 (K413): Core i3 | Core i5 | Core i7

Desain

Desain laptop ini stylish buat anak muda dengan pilihan warna yang cukup fresh. Punya saya yang warna Hearty Gold, dia kayak warna emas muda atau warna tembaga gitu ya, dengan logo ASUS VivoBook di bagian depan. Dan di keyboardnya ada sentuhan warna hijau di tombol enternya — jadi kayak dibuat stand out gitu, dan sisanya dibalut warna silver bergaya metal. Untuk bahannya dia kombinasi metal dan plastik, jadi nggak full metal di body nya ini, dengan berat 1,4kg dan ketebalan 17,9mm aja — jadi masih sangat portable buat dimasukin tas dan dibawa kemana-mana. Dibandingin dengan seri sebelumnya, ini juga masih lebih tipis dan lebih ringan ya. 

Untuk build quality udah solid dengan finishing matte di seluruh bagian body. Jadi kalo buat gaya ya masih kece lah.

Layar

Kalo kita beralih ke display, ada layar 14 inch dengan bezel yang cukup tipis di laptop ini, Bezel atasnya ini sekitar 11 mm, dan bezel sampingnya cuman 5,75mm aja, yang bikin screen to body rationya bisa mencapai 84%. Layarnya punya resolusi FHD dengan tampilan yang cukup tajam, buat nonton video warnanya vivid, buat film juga oke. Cuman untuk viewing angle kurang begitu luas untuk dilihat dari atas dan bawah, tapi kiri ke kanan udah cukup luas dan udah oke banget sih untuk keperluan harian pelajar ataupun mahasiswa.

Layarnya sendiri punya tone nge-doff jadi bakal cocok buat kalian yang sering pake laptop outdoor atau di kondisi terik karena minim glare.

Audio

Kalo untuk audio nya sih udah bagus banget guys, ini udah pake Harman Kardon Audio, suaranya kencang, dan punya clarity bagus. Kalian bisa dengerin musik atau nonton film dengan puas di laptop ini.

Performa 

Nah sekarang ngomongin performanya. Ada 3 varian dari ASUS VivoBook Ultra 14 yang (K413) ini, pertama base model nya, dilengkapi Intel Core i3 dual core generasi 10, terus ada varian tengahnya dengan Intel Core i5 quad core generasi 10, dan versi tertingginya ini yang pake Intel Core i7 quad core generasi ke 10. Varian tengah dan atas ini udah dilengkapi dengan GPU NVIDIA GeForce MX350 yang absen di varian base modelnya — dan ketiganya dilengkapi 8GB RAM serta 512GB SSD.

Untuk hasil benchmark, di varian teratas yang saya punya ini, dapet score 4131 di PCMARK10,  dengan score essential dan productivity yang bagus — dan udah cukup juga untuk berbagai digital comtent creation kayak photo editing, rendering, atau video.

Untuk 3DMark dapet score 470, dan VRMark dapet score 2203 dengan average frame rate di 48 FPS.

Untuk real usage nya sendiri tentunya udah sangat responsif untuk aktivitas ringan harian mahasiswa kayak browsing, olah dokumen, bahkan untuk ngerjain tugas berat kayak edit foto dan video bisa dilakuin dari laptop ini guys.

Jadi kalo buat mahasiswa yang sometimes butuh ngerjain tugas ringan, dan sometimes juga perlu utk aktivitas berat, ASUS VivoBook Ultra 14 terbaru ini harusnya bisa menuhin kebutuhan itu.

Fitur Menarik

Dan ada satu hal menarik guys di laptop ASUS yang menurut saya harus kalian tahu, yaitu fitur Link My ASUS. Nah ini fitur yang bisa konekin hape kalian dengan laptop, hape apa aja bisa, gak harus hape ASUS..bahkan iPhone saya pun bisa konek kesini. Dengan fitur ini notifikasi di hape bisa langsung masuk ke laptop, telepon juga bisa diterusin kesini, dan tuker file dari hape ke laptop juga bisa instan tanpa kabel. Ini fitur ekstra yang cukup menarik di laptop ASUS.

Keyboard

Untuk keyboard udah nyaman dipake ngetik, key travelnya cukup dalam dengan tombol yang cukup besar, udah dilengkapi backlight juga kalo ngetik di ruangan gelap. Untuk trackpad juga nyaman, dan meskipun gak dilengkapi dengan NumberPad kayak di ASUS ZenBook atau beberapa seri ASUS lainnya, tapi ada fingerprint sensornya disini guys untuk ngemudahin kalian login pake sidik jari di Windows Hello. Dan dari yang saya coba sih proses scanningnya cepat dan akurat, dan bikin login Windows juga jadi lebih mudah daripada harus masukin PIN ataupun Password. Dan btw keyboardnya ini udah spill resistant, jadi bisa merasa aman, kalo seandainya tanpa sengaja kena tumpahan air.

Baterai

Untuk baterai, laptop ini dilengkapi dengan 42 Wh 3 cell baterai, yang tentu keawetannya tergantung dari penggunaan ya. Untuk aktivitas harian saya sendiri seperti browsing, olah dokumen, dan sesekali streaming video laptop ini bisa bertahan 7 – 8 jam. Tentunya bisa lebih bisa kurang tergantung kalian pake untuk apa dan seperti apa penggunaannya.

Nah fitur menarik di laptop ini ada pengaturan battery health charging nya. Jadi disini kalian bisa atur nih mode baterainya. Kalo biasa pake laptop secara mobile, itu bisa full capacity mode — jadi baterai di charge sampe penuh terus. Sedangkan kalo balanced itu di charge sampai 80% biar baterai juga lebih awet. Dan kalo kalian sering nancepin terus tuh charger karena sering pake laptop di rumah untuk tugas berat, maka bisa pilih maximum lifespan mode, pake ini baterai bakal di charge maksimal di 60% aja jadi cukup aman meskipun charger terus nancep waktu kalian pake laptop ini.

Port

Dan ngomongin port nya ini udah lengkap, di kiri ini ada DC input untuk charging, 1 port HDMI, 1 port USB Type-A, 1 port USB Type-C, dan audio jack 3.5 mm. Untuk di kanan ada dua port USB 2.0, serta 1 port microSD. Untuk konektivitas laptop ini juga support WiFi 6 dan Bluetooh 5.0

Kesimpulan

Jadi kalo bisa saya simpulkan, ASUS VivoBook Ultra 14 (K413) ini merupakan laptop yang pas buat dipake oleh pelajar khususnya mahasiswa, yang sometimes butuh buat tugas ringan dan sometime juga butuh performa buat tugas berat. Desainnya stylish buat anak muda, dan portable juga dibawa kemana-mana. Terus ada beberapa fitur ekstra kayak bisa konek ke smartphone dan ubah mode charging baterai, yang cukup handy juga untuk dimiliki.

Nah kalian bisa sampaikan di kolom komentar kalo punya pendapat atau pertanyaan tentang laptop ini. Saya febian pamit dulu, sampai ketemu lagi di artikel review menarik lainnya, besok!