Rumor: Prototipe Surface Phone Sudah Siap, Bakal Dirilis Tahun Ini

Microsoft tidak pernah mengakui atau mengeluarkan pernyataan resmi bahwa mereka sedang mengembangkan sebuah perangkat lipat atau foldable device. Akan tetapi terdapat banyak bukti bahwa mereka sedang melakukan hal tersebut. Wawancara dengan beberapa petinggi Microsoft, termasuk Panos Panay sendiri juga menyiratkan hal tersebut.

Bukti lain yang tampak, sebuah aplikasi paten yang diterbitkan di WIPO dan diterbitkan pada tanggal 11 Oktober 2018, berisi gambar yang sangat detail mengenai rancangan ‘Surface Mobile’ yang sejauh ini merupakan mitos favorit para penggemar Microsoft. Paten tersebut berjudul ‘perangkat berengsel’ dan terungkap pertama kali dari sebuah postingan di Windows Central. Nampaknya perangkat ini akan berfungsi sebagai tablet lipat yang dapat dilipat ke dalam atau ke luar. Sangat unik!

Sketsa dari Microsoft tersebut juga secara detail menunjukkan kompleksitas engsel yang memungkinkan perangkat tersebut dapat dilipat dengan sempurna dan dibuka kembali dengan tingkat ketahanan yang tinggi. Tentu saja untuk tipikal perangkat semacam ini, ketahanan dan kemampuan engsel menahan lipatan merupakan kunci utama agar perangkat dapat berfungsi dengan baik.

Perangkat ini juga dapat ditempatkan bersisian. Layar utama akan berada di bagian luar komponen engsel dan kemungkinan memiliki konsep khusus agar nantinya bisa tampil dalam bentuk lipatan dengan baik, sekaligus bisa dibuka secara sempurna.

Sistem engsel yang didaftarkan Microsoft ini juga nampaknya bisa menekan pemuaian dan tekanan sehingga mencegah kerusakan pada layar.

Dengan adanya ukuran layar yang masif seperti ini, tentu saja baterai menjadi pertimbangan tersendiri. Dari sketsa detail yang didaftarkan Microsoft, nampak sudah diperhitungkan adanya ruang baterai yang diharapkan bisa memasok daya pada fungsi perangkat ini. Namun tentu saja belum ada jaminan bahwa Microsoft akan memproduksi sendiri perangkat ini. Seperti yang sudah-sudah, bisa saja Microsoft melisensikan paten miliknya bagi manufaktur lain.

Adanya sketsa paten ini tentu saja memberikan harapan bagi para penggemar yang ingin menyaksikan sebuah perangkat inovatif setelah era smartphone saat ini mulai memasuki tahapan stagnan dengan tidak adanya inovasi yang mengejutkan di kalangan manufaktur smartphone.

Bagaimana pendapat kamu tentang paten ini? Ungkapkan pendapat kamu di kolom komentar.

 

 

Sumber: BGR

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.