Home PC Mana yang Lebih Cepat? Windows 10 atau Mac OS X?

Mana yang Lebih Cepat? Windows 10 atau Mac OS X?

Mana yang Lebih Cepat? Windows 10 atau OS X?

Windows dan OS X bisa dibilang dua sistem operasi desktop paling populer di dunia saat ini. Jika ngomongin masalah popularitas, tentu saja Windows jauuuh lebih populer. Namun, apakah itu berarti Windows lebih baik di berbagai area? Untuk masalah ketersediaan software, tentu saja Windows lebih banyak karena dukungan developer yang banyak. Begitu pula dengan ketersediaan varian malware hehehe… Lalu bagaimana dengan urusan performa? Baca -> Review Windows 10 di MacBook

Performa menjadi permasalahan tersendiri bagi beberapa orang. Ada yang bilang Windows punya kinerja yang lebih lambat. Ada yang bilang Windows punya kinerja yang sangat cepat. Padahal mereka membandingkannya di perangkat yang berbeda pula. Perbandingan menjadi tidak adil. Begitu juga membandingkan Windows dan OS X.

Baca Juga:

Untuk membuktikan perbandingan dengan lebih adil, saya akan menggunakan perangkat yang sama. Saya menggunakan MacBook Pro Retina Display 2015 yang terinstall OS X El Capitan dan Windows 10 melalui Boot Camp. Menginstall Windows melalui Boot Camp akan mengubah mesin Mac menjadi PC seperti pada umumnya. Jadi, perbandingan ini akan jauh lebih fair untuk kedua belah pihak.

Aplikasi atau program yang saya gunakan adalah Geekbench 3. Mengapa saya menggunakan aplikasi ini? Karena aplikasi ini tersedia di Windows maupun OS X. Aplikasi ini juga sangat populer digunakan untuk mengukur benchmark berbagai perangkat, mulai dari PC, Komputer Mac, hingga smartphone.

Bagaimanakah hasilnya?

Berikut ini adalah hasil untuk OS X

Mana yang Lebih Cepat? Windows 10 atau OS X?

Berikut ini adalah hasil untuk Windows 10

Mana yang Lebih Cepat? Windows 10 atau OS X?

Nah bisa kamu lihat sendiri. OS X mendapatkan skor lebih tinggi, baik single-core maupun multi-core. Ini berarti OS X bisa berjalan lebih cepat dengan mesin yang sama. Apakah karena OS X dan MacBook dibuat oleh perusahaan yang sama, yaitu Apple? Mungkin juga, namun Apple juga sering banget kok update driver-drivernya untuk Windows. Ini ini yang saya suka, ketika produsen-produsen PC lain “agak malas” atau bahkan “benar-benar” malas mengupdate driver untuk Windows, Apple malah sangat rajin mengupdatenya.

Meskipun OS X mendapatkan skor lebih tinggi, namun sebenarnya saya juga tidak mendapati perbedaan yang berarti. Saya tetap bisa bermain-main dengan Photoshop, Visual Studio 2015, hingga bermain Pro Evolution Soccer :v. Jadi overall, OS X dan Windows sebenarnya tidak terlalu besar perbedaannya dalam urusan performa.

Bagaimana menurutmu? Kamu yang punya MacBook bisa dong dicoba hehehee..

Baca juga -> Review Windows 10 di MacBook

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang
#MiaSanMia