Kemarin sempat dilaporkan bahwa aplikasi One Outlook sudah dapat pengguna install dan gunakan, aplikasi ini dari gambar yang bocor kemarin, tampak lebih mirip dengan Outlook for Web, namun karena sudah ada installernya, daripada penasaran, kenapa tidak kita coba saja iya enggak?

Sebagai bahan pengujian, saya menggunakan installer One Outlook dari halaman Microsoft berikut, kemudian saya install di Windows 10 Pro, untuk membuktikan bahwa aplikasi ini tidak khusus untuk Windows 11 saja.

Instalasi

Sesaat setelah file setup.exe dari One Outlook saya buka, akan ada proses loading yang sangat singkat dan setelah itu kita akan diminta untuk login ke akun Microsoft yang kita miliki.

Proses Login

Nah ada satu masalah yang ternyata muncul ketika saya akan mencoba login nih, dimana ternyata untuk saat ini kita tidak bisa login ke aplikasi ini menggunakan akun Microsoft pribadi yang kita miliki, sebagai gantinya kita memerlukan akun bisnis atau akun sekolah (work/school account) agar kita bisa login ke aplikasi tersebut.

Selanjutnya, ketika saya coba close prompt login tersebut, aplikasi malah menunjukkan error seperti pada gambar berikut.

Karena saya tidak memiliki akun bisnis atau akun sekolah, sayangnya proses ini terhenti sampai disini saja kawan kawan, namun ada beberapa fakta unik yang perlu kamu tahu loh.

Aplikasi Ini Adalah Web Based Apps

Mengenai base dari One Outlook ini, meskipun digadang akan menjadi aplikasi Win32, namun berdasarkan sumber dari Office365ITPros, aplikasi ini dibangun menggunakan teknologi webview2, kurang lebih inilah kenapa tampilannya sama persih dengan Outlook for Web.

Dengan kata lain, untuk sekarang, aplikasi One Outlook Preview yang saya install di Windows 10 Pro saya ini adalah aplikasi Web Based meski memang file instalasi akan tersimpan di C:\Users\gylan\AppData\Local\Outlook.

Namun meskipun aplikasi ini adalah aplikasi Web Based, akan sangat menarik untuk melihat nanti seperti apa aplikasi ini, karena tentunya One Outlook digadangkan akan menjadi aplikasi pengganti Mail Client di Windows yang memang untuk saat ini beragam.

Sayangnya, karena belum dapat login dengan sempurna, saya belum bisa melihat fitur dari aplikasi ini lebih jauh, maka dengan itu, mari kita bahas lebih lanjut lagi nanti ketika aplkasi ini sudah hadir sebagai public beta.

Bagaimana menurutmu? apakah kamu sudah mencoba aplikasi ini? komen dibawah guys.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.