Home PC Mengapa Membuka Folder Download Terkadang Lambat?

Mengapa Membuka Folder Download Terkadang Lambat?

Mengapa Membuka Folder Download Selalu Lambat (1)

Disemua versi dari ekosistem Windows tentunya memiliki folder Downloads secara default. Dimana folder ini secara default akan menampung file seperti software, gambar, musik, video, dll yang kamu download dari Internet.

Tetapi apakah kamu pernah merasakan ketika membuka folder Download membutuhkan waktu yang agak lama?. Berbeda dengan folder lainnya yang membutuhkan waktu hanya sepersekian detik untuk membukanya.

Hal ini memang sering terjadi terutama bagi kamu yang memiliki ratusan file didalam folder Downloads dan telah sekian lama belum mengakses folder tersebut. Sehingga sistem membutuhkan waktu beberapa detik untuk membuat thumbnails baru pada file hasil download.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat melakukan konfigurasi yang cukup mudah untuk mempercepat terbukanya folder Downloads. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka File Explorer (WinKey + E), lalu klik kanan pada folder Downloads dan pilih Properties.Mengapa Membuka Folder Download Selalu Lambat (2)
  2. Kemudian navigasi ke tab Customize, lalu pilih opsi General items pada menu drop-down dan beri tanda centang pada opsi Also apply this template to all subfolder. Jika sudah klik OK untuk menyimpan perubahan.Mengapa Membuka Folder Download Selalu Lambat (3)
  3. Restart ulang Windows.

That’s it!, itu dia sedikit pembahasan mengapa membuka folder Downloads sedikit lebih lama ketimbang folder biasa, serta bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Mudah sekali bukan?, jika ada pertanyaan, silahkan bertanya melalui kolom komentar.

Tutorial Windows 10 lainnya :

  Menggabungkan Banyak File PDF Menjadi Satu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.