Home PC 10 Cara Restart Windows 10

10 Cara Restart Windows 10

10 Cara Restart Windows 10 (1)

Pilihan untuk melakukan restart biasanya dipilih sebagai salah satu langkah sederhana dalam menyelesaikan permasalahan pada Windows 10. Selain untuk menyelesaikan suatu permasalahan, restart juga biasanya dilakukan ketika sesudah menginstall suatu program, guna agar program tersebut dapat bekerja dengan semestinya.

Baca juga :

Terlepas dari apapun alasan kamu ingin melakukan restart. Kali ini WinPoin akan mencoba memberikan beberapa cara restart di Windows 10, yang mana mungkin beberapa diantaranya tidak kamu ketahui.

Melalui Start Menu

Cara yang pertama ini merupakan cara yang paling sering dilakukan. Caranya navigasi ke Start Menu yang terletak dibagian pojok kiri bawah, kemudian klik pada logo power dan pilih opsi Restart.

10 Cara Restart Windows 10 (2)

Baca juga :

Melalui WinX menu

Kamu juga dapat melakukan restart melalui power menu atau biasa disebut WinX (Win + X) menu. Caranya buka WinX menu (membukanya bisa dengan shortcut atau dengan klik kanan pada Start Menu), lalu buka menu Shutdown or sign out – Restart.

10 Cara Restart Windows 10 (11)

Melalui menu ALT + F4

Kamu dapat menjalankan shortcut ini ketika berada di desktop, ketika jendela dialog terbuka, kamu dapat membuka opsi drop-down menu lalu pilih Restart.

10 Cara Restart Windows 10 (3)

Melalui Command Prompt

Buka Command Prompt, kamu dapat menjalankannya dengan atau tanpa as Administrator. Kemudian ketikan perintah shutdown /r dengan begitu maka sistem akan mengeksekusi proses restart.

10 Cara Restart Windows 10 (12)

Baca juga :

Melalui PowerShell

Sama dengan melalui Command Prompt, kamu dapat menggunakan perintah yang sama pada Power Shell. Buka PowerShell dengan atau tanpa as Administrator, lalu masukan perintah shutdown /r.

10 Cara Restart Windows 10 (14)

Melalui Windows Run

Serupa dengan Command Prompt dan PowerShell. Kamu bisa menjalankan perintah yang sama. Buka Windows Run (Win + R), kemudian ketikan perintah shutdown /r.

10 Cara Restart Windows 10 (13)

Melalui Lock Screen

Kamu juga dapat melakukan restart ketika layar dalam posisi terkunci. Dimana opsi power akan muncul pada layar login, letaknya dibagian pojok kanan bawah dan terdapat opsi untuk melakukan restart didalamnya.

10 Cara Restart Windows 10 (1)

Baca juga :

Melalui Opsi CTRL + ALT + DEL

Cara melakukannya cukup dengan menggunakan shortcut CTRL + ALT + DEL. Kemudian opsi power akan tertampil pada bagian pojok kanan bawah, sama dengan seperti yang ada pada Lock Screen.

10 Cara Restart Windows 10 (1)
Image by Google

Melalui Cortana

Kamu juga dapat memberikan voice command kepada Cortana untuk melakukan restart. Navigasi ke Cortana, lalu ucapkan perintah “restart PC”. Dengan begitu Cortana akan mengeksekusi perintah untuk melakukan restart sistem.

10 Cara Restart Windows 10 (2)

Tidak hanya bisa melakukan restart, Cortana juga bisa kamu berikan perintah untuk mematikan PC, lock PC dan Log out user.

Melalui Tombol Power Fisik

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan menekan paksa tombol power fisik yang ada pada perangkat. Meskipun cara ini terbilang kasar, tetapi sering menjadi opsi ketika PC dalam keadaan freeze/crash.

Image by Google

Kesimpulan

Itu dia 10 cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan restart pada Windows 10. Terlepas dari apapun alasannya kenapa kamu ingin melakukan restart, Windows 10 memberikan banyak opsi yang bisa kamu gunakan. Selamat mencoba!

  Menggabungkan Banyak File PDF Menjadi Satu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.