Home PC Trik Cara Menjalankan Program pada Lock Screen Windows 10

Trik Cara Menjalankan Program pada Lock Screen Windows 10

Trik Cara Menjalankan Program pada Lock Screen Windows 10 (2)

Alasan utama Microsoft memberikan fitur Lock Screen ke ekosistem Windows adalah untuk menjaga keamanan pengguna komputer ketika meninggalkan komputer dalam keadaan menyala. Jadi pengguna bisa memanfaatkan Lock Screen untuk menjaga komputer digunakan oleh orang yang tidak diinginkan ketika masih menyala, seperti halnya Lock Screen pada sebuah Smartphone.

Tetapi nyatanya kamu masih bisa menjalankan program apapun meskipun layar dalam keadaan terkunci. Namun cara ini bukan opsi yang diberikan oleh Windows, melainkan menggunakan sedikit tweak untuk melakukan bypass.

Cara Menjalankan Program pada Lock Screen

  1. Buka Registry Editor.
  2. Navigasi ke Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Execution Options\.
  3. Pada sub folder Image File Execution Options, buat folder baru dengan cara klik kanan New – Key dan beri nama utilman.exe.Trik Cara Menjalankan Program pada Lock Screen Windows 10 (1)
  4. Pada panel kanan di folder utilman.exe, buka string baru dengan cara klik kanan New – String Value dan beri nama Debugger.Trik Cara Menjalankan Program pada Lock Screen Windows 10 (2)
  5. Klik 2x pada Debugger lalu masukan path dari program yang ingin kamu jalankan. Misalnya ‘C:\Windows\notepad.exe’ untuk menjalankan notepad, tentunya kamu dapat menggantinya dengan aplikasi lainnya dengan memasukan path dimana file execute (.exe) berada. Jika sudah klik OK untuk menyimpan perubahan.Trik Cara Menjalankan Program pada Lock Screen Windows 10 (3)
  6. Tutup Registry Editor.

Jika sudah, navigasilah ke Lock Screen lalu pada layar Login, klik opsi Ease of Access. Jika berhasil, maka aplikasi yang dimasukan pada Debugger akan muncul.

Meskipun begitu, trik ini memiliki kelemahan, yaitu:

  1. Hanya dapat membuka 1 aplikasi saja.
  2. Aplikasi akan menutup ketika fokus pointer ke area lain (selain aplikasi).

Sedikit tips dari saya, jika kamu tidak ingin repot-repot membuka kembali Registry Untuk mengganti aplikasi yang ingin dijalankan. Kamu dapat menaruh perintah Windows Run (Win + R) pada string Debugger dengan memasukan perintah dibawah ini.

c:\windows\system32\rundll32.exe shell32.dll,#61

Trik Cara Menjalankan Program pada Lock Screen Windows 10 (4)

Sehingga kamu dapat menjalankan aplikasi lain melalui Windows Run.

Itu dia trik untuk menjalankan aplikasi apapun pada layar Lock Screen di Windows 10. Cara ini mungkin juga dapat diaplikasikan pada sistem operasi Windows 8.x atau Windows 7 yang mana juga memiliki fitur Lock Screen.

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.