Home News Inilah Sets — Fitur Tab Cerdas di Windows 10

Inilah Sets — Fitur Tab Cerdas di Windows 10

Fitur tab di Windows 10 ini cukup cerdas, dan bagi kamu yang penasaran, berikut ulasan lengkapnya..

Inilah Sets — Fitur Tab Cerdas di Windows 10

Jika ada salah satu fitur yang paling diinginkan oleh pengguna Windows, itu adalah tab! Hal ini terbukti dengan banyaknya vote (lebih 20 ribu vote request di feedback hub) yang menginginkan ditambahkannya tab kedalam File Explorer dan aplikasi Windows. Dan tebak, Microsoft mewujudkan request tersebut dengan menghadirkan fitur baru di Windows 10 bernama “Sets”. Fitur tab di Windows 10 ini cukup cerdas, dan bagi kamu yang penasaran, berikut ulasan lengkap dari WinPoin.

Sets: Fitur Tab di Aplikasi Windows 10

Sebenarnya “Sets” ini merupakan sebutan fitur tab ini selama masa insider. Ada kemungkinan bahwa fitur tab ini akan diberi nama baru saat versi Windows 10 “Redstone 4“ Final dirilis nanti.

Mirip Seperti Tab Browser

Inilah Sets — Fitur Tab Cerdas di Windows 10

Berbeda dengan fitur tab di macOS atau beberapa distro Linux, tab di Windows 10 ini mirip seperti tab browser Edge. Jadi misalnya saja kamu buka aplikasi Microsoft Word, lalu kamu tekan tanda + untuk menambah tab, halaman tab yang muncul tampak seperti halaman browser Edge. Kamu bisa browsing didalam tab tersebut, misalnya saja untuk mencari referensi informasi ini dan itu.

Bisa Buka Dokumen & Aplikasi

Tetapi tidak hanya berupa web browser, tab aplikasi ini juga terhubung ke dokumen dan aplikasi. Sebagai contoh pada tab aplikasi Microsoft Word di Office 365, akan ditampilkan pula daftar aplikasi Office lain yang bisa kamu buka di tab tersebut — beserta deretan dokumen yang bisa kamu buka dan edit langsung dari dalam tab.

Buka Beda Aplikasi dalam Satu Window

Dalam contoh yang didemokan Microsoft, kamu bisa membuka aplikasi lain dalam satu window. Jadi misalkan saja kamu tengah membuka Microsoft Word, kamu bisa menambah tab dan membuka PowerPoint ataupun OneNote — tidak harus tab aplikasi yang sama.

Pencarian Lokal + Web

Di halaman tab baru, ada kolom pencarian yang ternyata tidak hanya menampilkan hasil pencarian web, tetapi juga hasil pencarian file yang tersimpan di penyimpanan lokal. Jadi kamu bisa mencari dokumen yang tersimpan di PC dan membukanya langsung dari dalam tab.

Restore Tab

Inilah Sets — Fitur Tab Cerdas di Windows 10

Begitu kamu close, maka aplikasi beserta tab nya akan tertutup semua. Selanjutnya, ketika kamu buka lagi, akan muncul opsi untuk restore tab. Kalo kamu klik, semua tab yang kamu buka sebelumnya bakal langsung terbuka.

Kapan Fitur Tab Windows 10 Dirilis?

Bagi member insider, kamu bisa mencoba fitur tab Windows 10 ini di build insider selanjutnya. Tetapi tidak semua insider akan mendapatkannya, karena fitur tab ini akan dirilis dalam bentuk A/B Testing, artinya sebagian ada yang dapat sebagian lagi tidak.

Tetapi bagi kamu pengguna Windows 10 umum (non-insider), fitur tab bakal bisa kamu nikmati di perilisan update mayor Windows 10 selanjutnya.

Video Fitur Tab Windows 10 (Sets)

Pendapat kamu?

Setelah melihat bagaimana cara kerja fitur tab di Windows 10, adakah pendapat ataupun hal yang ingin kamu sampaikan? Jika ada, mari diskusikan di kolom komentar.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.