Home PC Cara Melihat History Perintah Command Prompt

Cara Melihat History Perintah Command Prompt

Cara Melihat History Perintah Command Prompt (1)

Bagi kamu yang cukup Geeky dalam mengoperasikan Windows, tentunya tidak asing lagi dengan Command Prompt. Ada banyak hal yang dapat dilakukan dari Command Prompt, mulai dari hal sederhana seperti mengetahui MAC Address, hingga tingkat lanjut seperti mengintegrasikan Update Windows ke file ISO Windows. (Baca Juga 7 Perintah CMD Keren yang Wajib Kamu Coba)

Pada tutorial kali ini, WinPoin akan memberikan kamu cara agar kamu dapat mengetahui history perintah yang pernah dieksekusi pada Command Prompt, terlepas dari perintah itu benar atau ada yang salah/typo.

Biasanya, mungkin kamu menggunakan tombol panah keatas (▲) atau kebawah (▼) untuk melihat history perintah. Tetapi kali ini WinPoin akan memberikan cara yang berbeda agar kamu dapat melihat history perintah Command Prompt.

Melihat History Perintah Command Prompt

  1. Pertama buka Command Prompt, entah itu dengan atau tanpa Run as Administrator.
  2. Ketikan perintah apapun sesuka hati, terlepas itu kamu mengetikan perintah dengan benar ataupun tidak.
  3. Untuk melihat history perintah, tekan F7 atau Fn F7. Dengan begitu maka akan muncul pop-up dan terlihat daftar perintah yang tadi diketikan.Cara Melihat History Perintah Command Prompt (2)
  4. Kamu dapat bernavigasi dengan tombol panah keatas atau kebawah untuk memilih perintah yang tadi diketikan. Tekan Enter untuk mengeksekusi perintah yang diinginkan.
  5. Selain menggunakan F7, kamu juga dapat mengeksekusi perintah doskey /history.Cara Melihat History Perintah Command Prompt (3)

Jika tertarik, kamu dapat mengeksport history perintah ke file text dengan cara mengetikan perintah berikut.

doskey /history > C:\Users\rizky\Desktop\history.txt

Cara Melihat History Perintah Command Prompt (4)

Kamu dapat mengganti tulisan yang berwarna merah dengan path dimana file akan tersimpan. (Baca Cara Menyimpan Hasil Perintah Command Prompt ke File Text)

Perlu kamu ketahui, bahwa history hanya akan tercatat pada setiap sesi membuka Command Prompt saja. Dengan kata lain, jika kamu menutup Command Prompt lalu membukanya lagi, maka history perintah akan terhapus.

Nah itu dia guys, cara mengetahui history perintah yang diketik pada Command Prompt. Jika kamu punya pertanyaan, silahkan bertanya melalui kolom komentar.

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.