Home Basic Cara Mematikan Windows 10 dengan Cortana

Cara Mematikan Windows 10 dengan Cortana

Tujuan utamanya adanya sebuah asisten digial dalam sistem operasi adalah untuk membantu user ketika menjalankan suatu tugas.

Windows 10 sendiri memiliki Cortana sebagai asisten digial, kamu dapat menjalankan serangkaikan voice command (perintah suara) untuk membantu tugas, misalnya seperti mengetahui cuaca, membuat note, membuka aplikasi, dll.

Terlebih semenjak dirilisnya Build 16251, kamu dapat memberikan perintah pada Cortana untuk lock, sign out, restart atau shutdown PC.

Cara Mematikan Windows 10 dengan Cortana

Untuk melakukannya, cukup navigasi ke Cortana atau dengan menggunakan perintah suara “Hey Cortana!”. Ketika Cortana muncul, kamu bisa menggunakan perintah dibawah ini sesuai keinginan.

  • Perintah me-restart PC : “restart PC”
  • Perintah mematikan PC : “shutdown PC” / “turn off PC”
  • Perintah log off : “sign out”
  • Perintah mengunci layar : “lock PC” / “lock screen”

Keempat perintah diatas juga bisa diawali dengan pengucapan “Hey Cortana!”, sehingga kamu tidak perlu report-report navigasi terlebih dahulu untuk membuka Cortana.

Sebagai tambahan, jika kamu ingin perintah diatas bisa dijalankan ketika layar dalam keadaan terkunci. Kamu perlu mengkonfigurasi Cortana agar dapat berjalan pada saat Lock Screen, caranya buka Settings lalu navigasi ke pengaturan Cortana kemudian pada panel kanan slide ke On pada opsi Use Cortana even when my device is locked.

Cara Mematikan Windows 10 dengan Cortana

Note : Hingga sekarang fitur ini hanya bisa pada region tertentu saja yakni en-US, en-AU, en-CA, en-GB, dan en-IN.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.