Home Basic Cara Membatasi Akses Ke Control Panel di Windows 10

Cara Membatasi Akses Ke Control Panel di Windows 10

Cara Membatasi Akses Ke Control Panel di Windows 10 (1)

Hingga artikel ini ditulis, Windows 10 memiliki dua pengaturan utama yaitu Control Panel dan Settings. Meskipun hampir 70% pengaturan Windows 10 sudah terdapat pada Settings, tetapi masih ada pengaturan yang bersifat krusial di klasik Control Panel.

Maka dari itu, jika kamu merupakan seorang administrator, mungkin kamu bisa coba untuk membatasi akses ke Control Panel. Dengan begitu maka tidak semua user yang menggunakan Windows 10 bisa mengakses Control Panel.

Membatasi Akses Ke Control Panel di Windows 10

  1. Pertama buka regedit.
  2. Navigasi ke HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer (Jika tidak ada folder Explorer pada subfolder Policies, buat subfolder baru dengan nama Explorer).
  3. Pada panel kanan, klik kanan lalu pilih New – DWORD (32-bit) kemudian beri nama NoControlPanel.Cara Membatasi Akses Ke Control Panel di Windows 10 (2)
  4. Kemudian ganti valuenya menjadi 1.Cara Membatasi Akses Ke Control Panel di Windows 10 (3)

Jika sudah reboot system atau restart explorer untuk mendapakan efeknya. Jadi lain kali ketika membuka control panel akan mendapatkan peringatan seperti ini.

Cara Membatasi Akses Ke Control Panel di Windows 10 (4)

Yang menandakan bahwa Control Panel tidak bisa diakses. Selain trik membatasi user mengakses Control Panel, terdapat juga pada modern Settings yang sudah pernah WinPoin bahas sebelumnya.

Tidak ingin repot-repot membuka registry?. Tenang, kamu bisa mengkonfigurasi registry secara cepat dengan menggunakan perintah dibawah ini, yang bisa kamu jalankan dari Command Prompt as Admin.

reg add "HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer" /v NoControlPanel /t REG_DWORD /d 1

Cara Membatasi Akses Ke Control Panel di Windows 10 (5)

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.