Beberapa waktu lalu, saya mencoba Windows 10 Pro N di perangkat saya, meskipun hanya trial namun layak untuk dibahas karena sebagian orang mungkin akan sedikit asing dengan edisi Windows 10 dengan embel embel N dibelakangnya.

Oke gengs, seperti yang kita tahu, Windows 10 dibedakan dengan versinya masing masing ada Home, Pro, Enterprise dan Educations, namun selain itu ada juga Home N, Pro N, yang mungkin bagi kamu yang pernah melakukan Reinstal via CD Instalasi Windows 10 akan sadar dengan pilihan tersebut.

Apa Sih Bedanya?

Simpelnya, hampir semua fiturnya sama saja dibandingkan versi Windows 10 biasa, misalkan disini saya akan membandingkan Windows 10 Pro dan Windows 10 Pro N, keduanya benar benar sama persis, untuk sebagian fungsi dan fiturnya, namun ada perbedaan yang cukup mencolok dari kedua versi ini.

Windows 10 Pro biasanya hadir dengan aplikasi Media Player secara out of the box (Windows Media Player, Groove Music, Movies & Tv), sedangkan Windows 10 Pro N, tidak. Memang sih untuk Windows 10 Pro N, kita masih bisa mendownload dan menginstal aplikasi Media Player seperti Groove Music, dan Movies and TV via Microsoft Store.

Namun kawan kawan, aplikasi tersebut masih tidak akan bisa dijalankan, dan aplikasi akan memberitahu kita sebagai pengguna, bahwa ada file lain yang harus didownload terlebih dahulu, yaitu Media Feature Pack.

Dan setelah diinstal, harusnya aplikasi Media Player seperti Groove Music, sudah bisa dijalankan.

Sekarang sudah bisa dipake untuk memutar media player.

Bagaimana Dengan Lisensinya?

Sayangnya untuk Lisensi pengguna harus membeli lisensi Windows 10 Home atau Pro N secara terpisah. Karena pemindahan lisensi Retail Pro ke Pro N tidak dimungkinkan.

Mata uang KR ( Króna Islandia ) silahkan convert ke rupiah saja.

Nah bisa dilihat dari susunan harga diatas, bisa dibilang Windows 10 dengan N dibelakangnya lebih murah beberapa ratus ribu dibandngkan Windows 10 non N.

Cocoknya Buat Siapa?

Nah jika dilihat dari perbedaan fitur didalamnya, seorang seperti kita yang kadang sering Nonton, Main Game dan lain lain, kurang cocok untuk menggunakan Windows 10 N, karena kurangnya dukungan untuk melakukan hal tersebut. Namun Windows 10 N bisa dibilang lebih cocok untuk pengguna yang ingin fokus kerja, kerja dan kerja. (maksundya kerja kantoran yang selalu berkutik dengan Excel, Myob, dll) jika kerja sebagai creator, Windows 10 N tentu saja kurang cocok.

Jadi jika kalian masih ingin nonton, atau main game, silahkan instal Windows 10 Home atau Pro yang non N.

Kesimpulan

Windows 10 N memang bisa dibilang lebih ringan dan dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan versi Standar, namun keterbatasan dalam memutar media, dan bermain game menjadi hal yang kurang diminati banyak pengguna Windows 10.

Nah kawan kawan, berdasarkan pembahasan diatas, dengan keterbatasan yang ada di Windows 10 N, saya lebih merekomendasikan Windows 10 edisi standar dibandingkan N. Dan bagi kalian yang berprofesi sebagai reparasi yang sering melakukan reinstal Windows, ada baiknya kamu tidak menginstalkan Windows 10 N diperangkat client kalian.

Kamu pake Windows 10 N?

  Review Smartwatch Murah 2020  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.