Home PC 6 Tips Mengoptimalkan Penggunaan OneDrive di Semua Perangkat

6 Tips Mengoptimalkan Penggunaan OneDrive di Semua Perangkat

OneDrive, atau yang sebelumnya disebut SkyDrive, adalah layanan penyimpanan awan dari Microsoft. Layanan awan ini sangat populer dan mungkin adalah yang paling populer karena memiliki kapasitas besar dan bisa digunakan di semua perangkat, mulai dari iOS, Android, Windows, Windows Phone, hingga diakses melalui web browser.

Mengoptimalkan Penggunaan OneDrive di Semua Perangkat

Oleh karena itu, tidak ada salahnya kita memanfaatkan OneDrive lebih jauh, lebih dari hanya sekedar tempat penyimpanan saja. Dengan memanfaatkannya lebih jauh, kita bisa merasakan betapa besar manfaatnya lebih dari hanya tempat penyimpanan online.

Gunakan di semua perangkat

Gunakanlah OneDrive di semua perangkat. Untuk perangkat Windows dan Windows Phone, cukup masukkan akun Microsoft pada pengaturan, maka OneDrive akan otomatis masuk ke akun tersebut. Tidak perlu mendownload aplikasi apapun, karena semuanya sudah otomatis.

Mengoptimalkan Penggunaan OneDrive di Semua Perangkat

Untuk perangkat iOS dan Android, kita bisa mengunduh dulu aplikasi OneDrive dari App Store dan Google Play secara gratis. Meskipun dalam bentuk aplikasi, tetap saja semua fiturnya tersedia dan bisa digunakan dengan penuh. Login dengan aku yang sama untuk semua perangkat, dan semua akan berbagi data dan informasi satu sama lainnya.

Berbagi file

Dengan menggunakan akun yang sama dalam banyak perangkat, maka seluruh data dan informasi yang tersimpan pada OneDrive akan dibagi satu sama lainnya. Kita bisa langsung melihat data dan informasi yang tersimpan dalam satu aplikasi. Misalnya saja kita membuat dokumen Word di PC dan menyimpannya di OneDrive. Kita bisa membukanya langsung dari perangkat Windows Phone, iOS, maupun Android.

Mengoptimalkan Penggunaan OneDrive di Semua Perangkat

Upload foto otomatis

OneDrive juga punya fitur yang bisa membuat setiap kali kita menyimpan gambar, maka gambar akan langsung terupload secara otomatis. Upload gambar ini sangat berguna sebagai salinan dari file yang tersimpan di perangkat kita. Jadi bila sewaktu-waktu data terhapus, kita masih punya salinannya di OneDrive. Selain itu, kita juga bisa membuka hasil foto kita di semua perangkat. Foto keren pakai iPhone, hasilnya bisa dilihat di Lumia 930 dan PC Windows tanpa harus transfer file dulu secara manual.

Mengoptimalkan Penggunaan OneDrive di Semua Perangkat

Album Photo

Banyaknya file foto yang tersimpan di OneDrive kadang bisa membuat kita bingung. Namun dengan adanya fitur Album, kita bisa membuat Album dengan mudah. Misalnya kita banyak mengambil foto perjalanan kita di Bali dan menyimpannya di OneDrive. Kita bisa membuat album tentang foto-foto liburan di Bali dengan mudah. Kita juga bisa membagikan album tersebut ke email, sosial media, dan lain-lain sehingga bukan cuma akun kita saja yang bisa melihatnya, namun orang lain juga bisa melihatnya.

Mengoptimalkan Penggunaan OneDrive di Semua Perangkat

Backup pengaturan

Untuk perangkat Windows dan Windows Phone, semua pengaturan bisa disimpan atau di back-up ke OneDrive. Semua pengaturan seperti tema, sandi tersimpan, dan lain-lain tersimpan menjadi satu. Semua pengaturan juga bisa diselaraskan satu sama lainnya. Bukan cuma PC, namun juga tablet dan smartphone Windows juga. Dengan demikian, OneDrive bisa menjadi tempat untuk menyimpan segalanya.

Mengoptimalkan Penggunaan OneDrive di Semua Perangkat

Tambah kapasitas

Tentu saja, meskipun bisa untuk menyimpan segalanya, tetap saja OneDrive butuh memori penyimpanan. Memori gratis yang diberikan dulu adalah 7GB. Lalu naik jadi 15GB. Paket tersebut akan mendapatkan bonus 15GB jika mengaktifkan penyimpanan roll kamera. Lalu kita bisa mendapatkan bonus-bonus lainnya sehingga mampu meningkatkan penyimpanan kita secara gratis. Namun kita tetap bisa membeli paket tertentu dengan cara berlangganan per bulan.

Mengoptimalkan Penggunaan OneDrive di Semua Perangkat

Bagaimana? Sudahkah kamu menggunakan OneDrive untuk kebutuhanmu?

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia