Home Phone 5 Tips Mengoptimalkan Peta di Perangkat Windows

5 Tips Mengoptimalkan Peta di Perangkat Windows

Peta adalah salah satu fitur yang wajib ada pada smartphone di zaman sekarang ini. Dengan adanya peta, maka kita bisa pergi ke mana saja tanpa takut tersesat. Tidak tersesat di sini adalah dengan asumsi bahwa peta yang digunakan bekerja dengan baik dan benar, serta data petanya juga benar.

Mengoptimalkan Peta di Perangkat Windows

Banyak juga yang masih tidak tahu bagaimana cara memanfaatkan peta di perangkat Windows dan Windows Phone. Padahal, fitur peta di perangkat Windows memiliki banyak sekali keunggulan dan keunikan. Oleh karena itulah, mari simak beberapa tips untuk memaksimalkan fitur peta pada perangkat Windows.

Gunakan Peta Bawaan

Perangkat Windows secara default punya aplikasi peta bawaan, baik Windows PC maupun Windows Phone. Fitur yang ditawarkan cukup lengkap. Ada penunjuk arah, navigasi, pencarian tempat, tampilan lalu lintas, dan lain-lain. Aplikasi peta ini sangat ringan dan bisa diandalkan untuk sekedar melihat lokasi atau mencari tempat makan bareng teman. Namun, untuk fitur navigasi masih belum ada panduan suara belokan demi belokan. Untuk menggunakannya, harus dengan aplikasi tambahan.

Mengoptimalkan Peta di Perangkat Windows

Mengoptimalkan Peta di Perangkat Windows

Download Peta Offline

Windows punya fitur unik yang membuatnya bisa mengunduh peta offline secara penuh. Ya, secara penuh bahkan peta satu negara bisa didownload. Dengan demikian, kita bisa bepergian tanpa takut kehilangan sambungan internet karena semua peta yang kita butuhkan sudah diunduh atau didownload. Untuk mengunduh peta offline,  masuk ke aplikasi Peta lalu pada pengaturan, pilih unduh peta offline. Bukan cuma Windows Phone, namun Windows PC juga bisa mengunduh peta offline untuk digunakan di PC, laptop, maupun tablet.

Mengoptimalkan Peta di Perangkat Windows

Gunakan HERE Maps

Harus diakui, aplikasi Peta bawaan di Windows Phone dan Windows memang biasa-biasa saja. Namun sejak dulu, Windows Phone punya fitur andalan yang hanya eksklusif di perangkat Lumia, yaitu HERE Maps (dulu Nokia Maps). HERE Maps punya fitur yang mirip dengan Peta bawaan di Windows, namun dengan fitur yang lebih bagus seperti integrasi dengan kompas, pencarian tempat yang atraktif, dan lain sebagainya. Selain itu, HERE Maps juga terintegrasi dengan aplikasi HERE Drive yang fokus pada navigasi. Sehingga, dengan dua aplikasi tersebut, kita serasa memiliki perangkat navigasi terbaik, dan tentu saja gratis.

Mengoptimalkan Peta di Perangkat Windows

Gunakan HERE Drive

HERE Drive adalah aplikasi navigasi dari HERE. HERE Maps dan HERE Drive juga bisa memanfaatkan peta offline yang diunduh dari sistem Windows. Sehingga, dengan mengunduh peta offline, kita juga bisa menggunakannya untuk navigasi ke berbagai tempat secara offline. Mantap kan? Semua navigasi yang disediakan di sini semuanya gratis dan bisa diakses secara penuh.

Mengoptimalkan Peta di Perangkat Windows

Download Petunjuk Belokan demi Belokan

Untuk lebih memantapkan fungsi dari HERE Drive, kita bisa mengunduh paket lengkap suara belokan demi belokan. Fungsinya adalah sebagai suara pemandu agar kita tidak harus selalu melihat layar perangkat. Jadi, kita bisa tetap menyetir mobil sambil mendengarkan perintah navigasi dari HERE Drive.

Nah, itulah sedikit tips untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan penggunaan peta di perangkat Windows. Apa kamu sudah coba?

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia