Microsoft Berencana Membuat Fitur InPrivate Desktop di Windows 10

Terdapat sebuah pengumuman yang cukup menarik pada app Feedback Hub, dimana Microsoft kabarnya akan menghadirkan fitur bernama “InPrivate Desktop” yang mana pada dasarnya kerja fitur ini serupa dengan software Sandbox dimana kamu dapat menjalankan aplikasi tidak terpercaya (untrusted) secara terisolasi, sehingga dapat mencegah aplikasi tersebut melakukan hal yang dapat mempengaruhi sistem Windows 10 itu sendiri.

Berikut statement Microsoft pada halaman Feedback Hub

“InPrivate Desktop (Preview) provides admins a way to launch a throwaway sandbox for secure, one-time execution of untrusted software. This is basically an in-box, speedy VM that is recycled when you close the app!”

Microsoft Berencana Membuat Fitur InPrivate Desktop di Windows 10

Sayangnya, fitur ini rencananya hanya akan tersedia pada Windows 10 edisi Enterprise, berikut persyaratan sistem untuk fitur InPrivate Desktop:

  • Windows 10 Enterprise Build 17718 atau diatasnya
  • 4 GB of RAM
  • 5 GB of free disk space
  • 2 CPU cores
  • CPU virtualization
  • Administrative privileges to install extra features

Selain itu, juga terdapat langkah-langkah agar dapat menggunakan fitur InPrivate Desktop, dimana kamu harus mendownload app InPrivate Desktop lalu menginstall fitur tambahan.

Saat ini tidak tersedia
Sayangnya dengan alasan yang tidak diketahui, aplikasi InPrivate Desktop telah hilang dari Microsoft Store dan postingan mengenai fitur ini juga hilang pada halaman Feedback Hub.

Terlepas dari hal tersebut, tentunya fitur ini akan sangat berguna bagi kamu yang suka mencoba aplikasi tanpa perlu khawatir jika aplikasi tersebut berbahaya. Selain itu, ini juga bisa menjadi opsi bagi kamu yang tidak ingin menggunakan Virtual Machine.

Source BleepingComputer

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.