Masalah utama yang sering dihadapi para gamer dan pengolah multimedia adalah memanasnya kartu VGA (GPU) yang dipaksa untuk melakukan pekerjaan berat. Ini mengakibatkan suhu PC naik secara keseluruhan, dan pada satu titik mungkin akan menyebabkan macet atau restart pada komputer. Namun Microsoft nampaknya ingin meningkatkan pantauan terhadap masalah suhu ini dengan menyertakan statistik suhu GPU di Task Manager Windows 10!

Terungkap bahwa di Windows Insider build 18963, Task Manager kini menunjukkan suhu GPU. Ini akan menjadi bagian dari Update 20H1 Windows 10 yang akan diluncurkan versi stabilnya pada sekitar Mei 2020. Build ini menambahkan statistik baru pada fitur grafik yang sudah ada di Task Manager. Sebelumnya memang Task Manager sudah menunjukkan pantauan terhadap nama GPU dan kinerjanya bagi PC kamu yang mana akan bermanfaat untuk mengambil keputusan saat akan menjalankan game berat atau software berat.

Kini, ‘suhu GPU’ (GPU Temperature) juga muncul saat kamu memilih tab GPU di tab Performance. Ada beberapa pembatasan: Ini hanya bekerja pada GPU khusus (dedicated), bukan GPU yang terintegrasi pada motherboard. Kamu juga akan perlu untuk mengupdate model driver baru agar bisa mendeteksi suhu GPU ini. Pembatasan lainnya adalah, suhu GPU ini hanya menampilkan dalam ukuran Celcius, belum bisa dalam Fahrenheit (Satuan ini lebih populer di Amerika Serikat – Keputusan yang cukup unik mengingat Microsoft berbasis di AS).

Akan lebih keren memang jika Microsoft menambahkan lebih banyak statistik untuk Task Manager. Dengan demikian, kita bisa memantau lebih menyeluruh setiap komponen yang terdapat dalam CPU kita langsung dari satu sumber saja.

Sumber: HowtoGeek

  Duel Klasik VIVO vs OPPO..!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.