Selain merilis build baru, Microsoft juga memberikan informasi perihal spesifikasi minimum Windows 11, yang mana tampaknya mengalami pelonggaran. Jadi jika sebelumnya minimal harus menggunakan prosesor Intel Gen-8 atau AMD Ryzen Gen-2, kini Microsoft memutuskan bahwa PC yang bisa menjalankan Windows 11, bisa install Windows 11.

Meskipun demikian, diatas kertas, Microsoft masih tetap akan mempertahankan spesifikasi minimum yang sudah ada. Hanya saja terdapat beberapa tambahan hardware yang kini bisa di-install Windows 11.

Untuk CPU, PC yang menggunakan prosessor Intel generasi ke-7 bisa menggunakan Windows 11, diantaranya: Intel Core X-series, Intel Xeon W-series, dan Intel Core 7820HQ dengan driver DCH. Sayangnya untuk AMD, Microsoft mengatakan tidak akan menambahkan dukungan untuk AMD Ryzen generasi pertama.

Diluar daftar prosesor diatas, Microsoft mengatakan pengguna bisa clean install dengan ISO jika ingin menggunakan Windows 11 pada perangkat dengan processor yang tidak mendukung. Tentunya, dengan memenuhi persyaratan lain seperti processor dengan kecepatan minimum 1Ghz dengan CPU 64-bit, RAM 4 GB, dan penyimpanan 64 GB.

Lebih lanjut, Microsoft mengatakan bahwa terdapat peluang sebesar 52% bagi pengguna untuk mengalami bug atau error di Windows 11 pada perangkat yang tidak mendukung.

Meskipun telah memberikan kelonggaran, Microsoft tidak akan memberikan peringatan upgrade pada perangkat Windows 10 yang tidak mendukung Windows 11.

Diluar itu, pengguna yang install Windows 11 pada perangkat yang tidak mendukung tetap akan mendapatkan hak yang sama dengan perangkat yang mendukung seperti fitur baru dan update keamanan.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.