Masih ada banyak pengguna yang bertahan menggunakan Windows Phone, bahkan dari perangkat yang lebih lama, yaitu Windows Phone 7, 7.5, 7.8, dan 8.0. Kabar mengejutkan muncul, yang mana dilansir oleh Windows Central, bahwa Microsoft memutuskan untuk mematikan push notifications untuk Windows Phone 7 (dan semua variannya) dan 8.0.

Keputusan ini akan resmi berlaku mulai tanggal 20 Februari 2018, atau terhitung sejak hari ini. Dalam posting blognya, Microsoft menyatakan bahwa:

Pada tanggal 20 Februari 2018, layanan Mobile push notifications akan dimatikan untuk Windows Phone 7.5 dan Windows Phone 8.0. Setelah ini terjadi: Ponsel Anda tidak akan lagi menerima update live tile tambahan. Fitur “Find my phone” juga tidak akan berfungsi untuk ponsel Anda. Windows Phone 7.5 dan Windows Phone 8.0 telah mencapai akhir masa dukungannya, dan layanan untuk versi Windows ini akan dihentikan.

Nah, lalu bagaimana dengan Windows Phone 8.1 ke atas? Untunglah bahwa Microsoft masih memberikan dukungan pada perangkat tersebut. Tadi pagi saya juga memeriksa perangkat saya yang menggunakan OS 8.1, dan masih lancar mendapatkan notifikasi jika ada pesan dari aplikasi yang masuk.

Meskipun terdengar mengecewakan, kita perlu memaklumi bahwa perangkat ini memang sudah dinyatakan usang (obsolete) dan sudah lama mencapai batas dukungannya, hingga wajar jika Microsoft mulai menghentikan fitur dari perangkat tersebut satu demi satu. Sepertinya inilah juga yang akan dialami oleh Windows 10 Mobile dua tahun mendatang.

 

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.