via TheVerge

Bloomberg mengabarkan bahwa Microsoft sedang memproduksi lini baru tablet Surface untuk bersaing dengan opsi ‘harga murah’ iPad.

Menurut berita yang beredar, tablet Surface ini bukan hanya lebih kecil dan murah, akan tetapi juga merupakan konsep desain ulang Surface dengan layar 10 inci alih-alih 12 inci yang sering kita jumpai saat ini. Perangkat ini juga memiliki tepian yang lebih membulat seperti halnya iPad dengan desain yang lebih persegi sehingga lebih mirip dengan iPad dibandingkan Surface pada umumnya. Perangkat ini nantinya akan menggunakan USB-C untuk charging. Dengan harga USD 400, sepertinya memang ini akan ‘bentrok’ langsung dengan iPad versi yang paling murah.

Bloomberg juga menyatakan bahwa model baru ini akan 20 persen lebih ringan dibandingkan Surface Pro yang ada, meskipun berkurangnya bobot ini berarti juga berpengaruh terhadap berkurangnya daya baterai. Seperti halnya Surface, perangkat ini akan menggunakan processor Intel dan menggunakan kartu grafik yang memungkinkan kamu untuk menjalankan game atau program intensif multimedia.

Kickstand khas Surface akan dipertahankan pada perangkat ini, meskipun model baru ini tidak akan dihadirkan dengan keyboard atau stylus. Seperti biasa pengguna harus membelinya secara terpisah. Microsoft juga dikabarkan sedang memproduksi versi keyboard cover dan stylus yang lebih murah untuk ‘menemani’ tablet ini.

Versi termurah dari Surface Pro saat ini dimulai dari harga USD 799, tentu saja ini jauh lebih mahal dari iPad termurah yang bisa dibeli mulai harga USD 329. Inilah alasan mengapa Microsoft berupaya bersaing dengan memproduksi tipe perangkat serupa.

Ini sebenarnya bukan upaya pertama Microsoft dalam produk perangkat murah. Sebelumnya kita juga pernah menyaksikan Surface RT, Surface 2, dan Surface 3 yang lebih murah dari lini Pro, namun tidak begitu sukses. Apakah upaya Microsoft kali ini bisa menuai kesuksesan?

 

 

Sumber: TheVerge

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.