Home News Microsoft Resmi Akhiri ‘Project Astoria’

Microsoft Resmi Akhiri ‘Project Astoria’

Project Astoria: Membuat Aplikasi Windows dari Android AppsSetelah beberapa bulan tidak terdengar kabar kelanjutannya, Microsoft resmi mengumumkan bahwa mereka membatalkan Project Astoria. Project Astoria sendiri merupakan tool yang digunakan untuk memporting aplikasi Andorid ke Windows 10 Mobile. Tool ini sendiri baru dikenalkan pada acara Microsoft Build 2015 beberapa bulan yang lalu.

Berikut pernyataan dari Microsoft:

Kami mendapatkan banyak umpan balik yang mengatakan dua tool untuk Bridge sebenarnya tidak perlu, dan memilih salah satu diantaranya adalah pilihan yang sulit. Kami harus berhati-hati mempertimbangkan umpan balik ini dan memfokuskan untuk mengembangkan Bridge untuk membawa kode dari iOS ke perangkat Windows 10, termasuk Xbox dan PC. Untuk para developer yang menghabiskan waktu meneliti Bridge untuk Android, kita sangat menyarankan untuk mencoba Bridge iOS dan Xamarin sebagai solusi terbaik.

Jadi, untuk kamu yang sangat berharap dari Project Astoria ini tidak perlu terlalu kecewa. Karena dengan memfokuskan pada Bridge untuk iOS (Project Islanwood) mereka akan menghasilkan tools yang lebih maksimal. Disamping itu beberapa waktu yang lalu Microsoft baru saja membeli Xamarin yang mempermudah developer mengembangkan aplikasi untuk ketiga platform populer sekaligus. (Baca: Microsoft Membeli Xamarin untuk Mempermudah Cross Platform)

Nah, jika mau mencoba positif, sejatinya ini merupakan sebuah kesempatan untuk kamu mengembangkan aplikasimu universalmu sendiri di Windows 10. Adanya Xamarin yang mempermudah membuat aplikasi cross platform, semakin berkembangnya Bridge untuk iOS, serta mengingat persaingannya tidak seberat di iOS dan Android dan pasar yang menjanjikan (Smartphone, PC, Xbox, dan lain-lain). Bagaimana menurutmu? Jangan lupa bagikan pendapatmu disini ya. :)

 

Sumber: Microsoft

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.