Munich Jerman Sangat Menyesal Menggunakan Linux dan Kembali Lagi Ke Windows

10 tahun sudah Munich Jerman menggunakan Linux. Ya..tepat pada 2004 lalu Munich memutuskan untuk tidak lagi menggunakan Windows di pemerintahan dan fasilitas publik. Mereka memutuskan bermigrasi ke Linux dan mengembangkan LiMux, distro Linux yang berbasis Ubuntu. Tujuan utamanya adalah untuk menghemat biaya agar tidak perlu lagi membayar lisensi Windows yang harganya memang mahal.

Munich Jerman Sangat Menyesal Menggunakan Linux dan Kembali Lagi Ke Windows
Limux – Distro Linux Berbasis Ubuntu yang Digunakan di Munich

Sejak saat itu tidak kurang dari 9000 mesin ATM di Munich telah menggunakan Linux, begitu pula di berbagai kantor pemerintahan dan fasilitas umum lainnya. Namun setelah 10 tahun berjalan, pemerintah kota Munich menyatakan menyesal telah bermigrasi ke Linux. Kini mereka memutuskan untuk tidak lagi menggunakan Linux dan akan bermigrasi ke Windows lagi.

Lalu apa alasan Munich menyesal menggunakan Linux dan memutuskan untuk bermigrasi lagi ke Windows setelah 10 tahun berjalan?

 

Linux Sangat Mahal

Awalnya pemerintah Munich mengira bahwa mereka akan menghemat banyak biaya. Mereka tidak lagi harus membayar lisensi Windows karena menggunakan Linux yang gratis dan open source. Namun ternyata dugaan itu salah. Munich merasa bahwa menggunakan Linux ternyata jauh lebih mahal daripada menggunakan Windows karena mereka harus membayar banyak programmer untuk membuat custom software dan memaintenance OS tersebut.

 

Banyak Komplain Warga

Beberapa tahun terakhir ini banyak warga Munich yang komplain dan merasa tidak puas dengan layanan masyarakat disana. Warga merasa kesulitan dengan berbagai fasilitas publik yang ada disana bahkan kesulitan untuk membuka file dari kantor pemerintahan.

 

Karyawan Kesulitan

Karyawan juga banyak yang kesulitan untuk menggunakan sistem di kantor mereka. Misalkan saja untuk sinkronisasi email ke smartphone karyawan, administrator harus melakukan setting mail server eksternal terlebih dahulu dan cukup memakan waktu. Sulitnya mencari program yang terintegrasi seperti email, contact, dan jadwal kerja juga menjadi kesulitan tersendiri.

 

Karena beberapa hal tersebut akhirnya pemerintah kota Munich memutuskan untuk kembali lagi menggunakan Windows. ATM dan berbagai komputer di kantor pemerintahan serta fasilitas umum juga akan kembali dimigrasikan ke Windows. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar fasilitas umum dan pelayanan publik bisa menjadi produktif lagi seperti dulu.

Bagaimana pendapat kamu?

via sueddeutsche.de

  Wajib Kamu Tahu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.