Passionate Windows Phone Developer Indonesia, I Putu Yoga Permana Berbagi Kisah

Jika kamu pernah menginstall aplikasi Kalender Indonesia, KBBI, atau Kutipan di Windows Phone Store, maka inilah dia sosok dibalik aplikasi populer tersebut — I Putu Yoga Permana.

Sebagai developer aplikasi Windows Phone yang cukup dikenal di Indonesia, sangat menarik untuk kita ikuti kisah, pemikiran, prinsip, dan juga perjalanannya.

Berikut ini adalah hasil wawancara eksklusif WinPoin dengan I Putu Yoga Permana, yang semoga bisa bermanfaat bagi kamu semuanya.

 

Ceritakan sedikit tentang diri kamu

Saya mahasiswa semester 8 (dah tua wkwk) Teknik Informatika dari Universitas Brawijaya, Malang. Suka dunia teknologi dari SMP, yang dulunya suka ngoprek komputer dan akhirnya kebawa sampai sekarang.

 

Kenapa memilih menjadi developer Windows Phone?

Karena potensi di Windows Phone masih besar sekali, dimana masih ada celah-celah aplikasi yang tidak ada di windows phone dapat dimanfaatkan untuk membantu membangun ekosistem windows dan menjadi leader di platform ini.

 

Bagaimana awal kisah kamu bisa tercebur di dunia development aplikasi?

Awal mula gara-gara ikut workshop Lumia Apps Olympiad tahun 2012, yang diadakan Nokia di UB, dan kemudian ikut kompetisi Lumia Apps Olympiad dengan app pertama yaitu Crazy Math namun gagal menang. Namun nokia tetep memberikan developer token cuma-cuma seharga $1500 yang isinya macem-macem dan salah satunya yang buat bikin akun WP Store.

Selain itu juga kena kompor dari Developer Evangelist Nokia waktu itu om Narenda Wicaksono, akhirnya jadi semangat, mulai dari situ tertarik buat bikin app di WP dan publish di WP Store.

 

Apa yang paling membuat kamu tertarik dengan Windows Phone?

Karena dulu awalnya jatuh cinta pada Modern Design (dulu Metro) di Windows Phone yang benar-benar berbeda dengan Android. Seperti diketahui saya termasuk menyukai desain-desain yang simpel dan minimalis, dan itu semua ada di Windows Phone. Selain desain, saya juga takjub dengan Windows Phone yang minim lag, dibanding device android saya yang lama.

 

Apa saja aplikasi yang sudah pernah dibuat, dan mana yang paling sukses dari semuanya?

App yang saya buat dan saya publish sendiri ada Crazy Math, Crazy Word, Kamus Inggris Pro, Kalender Indonesia, KBBI, Kutipan, Diseases Guide Pro, dll. Selain itu saya juga sempat membuat app untuk beberapa pihak lainnya.

Menurut saya yang paling sukses adalah Kalender Indonesia, karena sempat meledak downloadnya dalam satu hari tembus sampai 1000-an, yang mana ini sangat banyak bagi saya waktu itu.

 

Dari sekian banyak aplikasi yang pernah dibuat, mana yang paling menjadi favorit kamu, dan kenapa?

App favorit saya yaitu Kutipan, salah satu app yang menjadi batu loncatan saya waktu itu. Selain itu juga karena saya suka melihat komentar di store ketika orang lain menjadi termotivasi dan semangat berkat app yang satu ini. Meskipun terakhir kali di update lebih dari 1 tahun yang lalu, hehe.

 

Sudah berapa banyak total download dari semua aplikasi yang pernah dibuat?

Total yang download baru 100 ribuan. Masih seperti buih di lautan dibandingkan developer-developer lain yang saya tahu bisa tembus jutaan.

 

Aplikasi kamu termasuk sangat populer di Indonesia, strategi monetize apa yang kamu gunakan, dan mana yang bekerja dengan baik bagi kamu?

Untuk market Indonesia khususnya di platform Windows Phone ini, saya pribadi telah merasakan monetisasi iklan tidak cocok karena selain menurunkan kepuasan pengguna juga penghasilan yang didapat masih sedikit mengingat pengguna Windows Phone di Indonesia termasuk sedikit dibanding Android. Jadi yang lebih cocok monetisasi memakai Paid App atau In-App-Purchase untuk pembelian fitur-fitur pro.

 

Berapa banyak penghasilan yang kamu hasilkan dari semua aplikasi keren tersebut?

Belum nyampe puluhan juta kok hehe

 

Apa rahasia dan tips kesuksesan kamu?

Sebenarnya belum sukses sih sekarang ini hehe. Tapi saya cuma bisa berkata “Lakukan yang kamu suka dengan cara yang kamu suka, dan selalu ingat gagal itu pasti dan berhasil itu bonus”.

 

Apakah pernah mengembangkan aplikasi lain selain untuk Windows Phone?

Pernah, tapi buat coba-coba aja dan ga pernah di publish di store lain.

 

Apa insight dan prediksi kamu tentang masa depan Windows Phone, apa saja yang perlu diperbaiki?

Prediksi saya, Windows Phone akan menjadi ancaman bagi iOS dan Android dengan hadirnya Windows 10 ini dan mungkin saja dapat melengserkan iOS di peringkat 2. Windows Phone sendiri masih perlu mengembangkan ekosistemnya, menghadirkan lebih banyak app populer dan juga pengalaman berbeda untuk menarik lebih banyak pengguna.

 

Sulitkah menjadi developer Windows Phone, butuh berapa lama untuk belajar dan apa saja yang diperlukan?

Menurut saya tidak begitu sulit karena bertebarnya tutorialnya di internet, tinggal kemauan saja perlu diasah. Mungkin 6 bulan sudah cukup untuk mengenal dan terbiasa dengan pengembangan Windows Phone. Yang diperlukan tentunya komputer dan pengetahuan dasar tentang pemrograman.

 

Apa target dan tujuan kamu selanjutnya?

Target saya selanjutnya untuk merilis app dengan target multi platform mulai dari windows, iOS, dan android. Dan juga bersiap-siap untuk Universal App di Windows 10.

 

Tips dan pesan kamu untuk developer Windows Phone pemula?

Selalu coba-coba dan eksperimen, sering explore app dari developer2 keren seperti rudy huyn misalnya.

 

Link Twitter, Facebook, Instagram, Ask.fm, atau media sosial lain yang bisa dihubungi?

twitter: @putuyoga
facebook: facebook.com/putu.yoga.permana
instagram: @putuyoga
ask.fm: putuyoga
situs pribadi: www.putuyoga.com

Salam,
I Putu Yoga Permana

 

Itulah hasil wawancara eksklusif kita dengan developer aplikasi Windows Phone — I Putu Yoga Permana. Semoga dari wawancara ini ada hal-hal yang bisa kamu petik dan membuat kamu terinspirasi.

Sukses terus untuk I Putu Yoga Permana, dan terima kasih banyak sudah mau berbagai kisah dengan #1 Windows Portal Indonesia.

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.