Apa itu File dwm.exe dan Kenapa Proses itu Berjalan??

Apakah kamu sering memantau proses aplikasi yang sedang berjalan di window Task Manager? Ketika kamu memperhatikannya ada sebuah proses dimana menggunakan username yang berbeda daripada yang lainnya, tidak menggunakan username akun kamu dan juga bukan akun system. Proses tersebut adalah dwm.exe yang menggunakan username DWM-1, DWM-2, DWM-3 dan sebagainya.

Bagi orang yang belum tahu, proses tersebut sangat tidak meyakinkan dan terkesan berbahaya. Padahal sebenarnya proses ini sangat aman dan memang dibutuhkan system. Jadi buat kamu yang belum tahu apa itu dwm.exe, apa fungsinya, kenapa proses itu berjalan, dan apa efeknya ketika dimatikan, berikut ini WinPoin akan menjelaskannya.

 

Apa itu File dwm.exe?

DWM.exe (Desktop Window Manager) adalah penyusun window manager yang memberikan semua efek cantik di Windows, seperti misalnya window transparan, live taskbar thumbnail, dan bahkan Flip3D switcher. Di Windows 7 semua efek ini masih digunakan bahkan ditingkatkan efeknya, sampai pada Windows terbaru pun yaitu Windows 10 masih ada.

Apa yang terjadi di Vista adalah aplikasi menulis gambar dari window mereka ke tempat tertentu di memory, dan Windows membuat satu susunan dari semua window di layar sebelum mengirimkannya ke monitor kamu. Karena Vista melacak isi dari setiap window, maka dari situ akan ada penambahan efek di setiap layer windows seperti efek transparan yang kita gunakan untuk melihat live preview thumbnail.

Apa itu File dwm.exe dan Kenapa Proses itu Berjalan??

Manfaat dari metode ini adalah Windows dapat memanfaatkan fitur akselarasi dari hardware di bagian video card untuk membuat efek animasi yang sangat halus saat minimize dan restore window dan bahkan efek transparan. (Baca: Cara Mempercantik Windows 8 / 8.1 dari Basic Hingga Advanced)

 

Bagaimana dengan Penggunaan Memory?

Jika kamu membuka Task Manager, kamu akan melihat proses dwm.exe dengan penggunaan memory sekitar 20MB sampai 50MB.

Apa itu File dwm.exe dan Kenapa Proses itu Berjalan??

Besarnya proses DWM diatur oleh jumlah window yang kamu buka, setiap window membutuhkan buffer di memory untuk menyimpan isi dari window. Jika kamu memiliki banyak window yang terbuka, DWM akan membutuhkan memory usage yang besar.

Keuntungan dari menggunakan susunan window manager sangatlah menguntungkan dan menggunakan memory yang relatif kecil untuk berbagai situasi. (Baca: Benarkah Mendefrag Hardisk Bisa Mempercepat Komputer?)

 

Apakah Mengganti Theme Basic Akan Mematikan Proses DWM?

Jawabannya adalah tidak. Meskipun kamu mematikan semua efek animasi atau mengganti theme basic di Windows, proses dwm.exe masih akan berjalan. Tapi penggunaan memory dari proses dwm akan berkurang. (Baca: Cara Mengganti Theme Windows 7)

Apa itu File dwm.exe dan Kenapa Proses itu Berjalan??

 

Bagaimana Cara Mematikan Proses dwm.exe?

Perlu kamu tahu, WinPoin tidak menyarankan kamu untuk mematikan proses ini kecuali kamu bermain game dengan mode full screen dan mungkin ini tidak akan membantu untuk meningkatkan kecepatan komputer kamu.

Satu-satunya cara untuk mematikan proses dwm.exe adalah menghentikannya di service. Buka Service dari Control Panel dan temukan Desktop Window Manager Session Manager di daftar service. Kemudian klik tombol stop. Sekarang kamu akan berpindah ke tampilan basic seperti ketika kamu mengaktifkan theme basic.

Apa itu File dwm.exe dan Kenapa Proses itu Berjalan??

Untuk mematikannya secara permanen, kamu bisa mengklik dua kali pada service tersebut dan pilih Disabled dari menu Startup type.

Apa itu File dwm.exe dan Kenapa Proses itu Berjalan??

Jika kamu memilih menggunakan command line, kamu bisa membuka cmd sebagai admin dan gunakan perintah di bawah ini.

 

Untuk mematikan service: net stop uxsms

Untuk menjalankan service: net start uxsms

Untuk mematikan service permanen: sc config uxsms start= disabled

Untuk menjalankan service permanen: sc config uxsms start= auto

 

Langkah di atas bisa digunakan untuk kamu yang menggunakan Windows Vista dan Windows 7. Sayangnya untuk Windows 8 dan selebihnya tidak bisa mematikan proses dwm.exe, dengan kata lain Desktop Window Manager selalu aktif. Jika kamu mencoba mematikannya maka kemungkinan Start Screen (di Windows 8 dan Windows 8.1) atau Start Menu (di Windows 10) tidak akan bekerja dengan baik. (Baca: Review Eksklusif Windows 10 Build 10036 — Inilah Detail Fitur & Tampilannya)

 

Sekarang sudah mengerti kan apa itu proses dwm.exe dan apa manfaatnya bagi sistem? Kini kamu tidak perlu khawatir dan curiga lagi dengan proses dwm.exe ini, karena proses inilah yang membuat Windows kamu berjalan dengan sangat cantik. Karena proses ini pula efek animasi dari setiap pergerakan yang kamu lakukan seperti membuka window, berganti window, resize, minimize, maximize dan sebagainya bisa berjalan.

  Kesan Pertama Nokia 8  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.