Penjualan PC Berbasis Windows Terus Turun — Tetapi Apple dengan OS X Meroket Naik

Sebelumnya para analis memang sudah memprediksi bahwa trend penjualan PC, baik itu desktop, notebook, ataupun laptop memang bakal terus menurun. Analisa ini ternyata terbukti akurat dengan melihat data terbaru dari IDC seputar penjualan PC di kuartal kedua tahun 2015 ini.

Dari data tersebut terlihat bahwa penjualan PC berbasis Windows dari semua brand populer mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Penjualan PC Lenovo misalnya turun 7.4 persen, disusul HP yang turun 10.4 persen, Dell turun 8.7 persen, Acer turun 26.9 persen, ASUS turun 7.7 persen, dan brand PC lainnya turun 19.7 persen.

Ini artinya pertumbuhan penjualan PC berbasis Windows dari semua brand telah mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

Namun satu hal yang unik adalah dikala trend penjualan PC berbasis Windows menurun, penjualan PC buatan Apple dengan OS X malah meroket naik. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, penjualan Mac meningkat sebesar 16.1 persen! Ini juga merupakan satu-satunya produk yang penjualannya meningkat dikala semua PC sedang mengalami trend menurun.

Inilah 5 Brand PC dan Laptop Terpopuler di Dunia Tahun 2015

Hmmm..mungkinkah ini disebabkan karena kekecewaan pengguna PC terhadap Windows 8 hingga mereka beralih ke OS X? Atau memang ada alasan lain?

 

Windows 10

Tentu kehadiran Windows 10 diharapkan menjadi angin segar bagi pertumbuhan penjualan PC berbasis Windows. Jika memang Windows 10 mampu menarik hati pengguna, bukan tidak mungkin PC berbasis Windows 10 bakal kembali diminati seperti sebelumnya.

Bagaimana tanggapan kamu mengenai hal ini?

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.